Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Menparekraf Ajak Komunitas Parekraf Gresik Jatim Kolaborasi Perkuat Potensi Daerah

Menparekraf Ajak Komunitas Parekraf Gresik Jatim Kolaborasi Perkuat Potensi Daerah

0

SIARAN PERS

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Menparekraf Ajak Komunitas Parekraf Gresik Jatim Kolaborasi Perkuat Potensi Daerah

Gresik, 10 Juli 2024 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengajak komunitas kreatif di Gresik, Jawa Timur, untuk memperkuat kolaborasi dalam menggarap potensi parekraf di daerahnya.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, mengajak komunitas kreatif di Gresik, Jawa Timur, untuk memperkuat kolaborasi dalam menggarap potensi parekraf di daerahnya, Saat menyapa peserta Diskusi Bareng Komunitas (Di Batas) Gresik secara virtual, Selasa (10/7/2024).

Saat menyapa peserta Diskusi Bareng Komunitas (Di Batas) Gresik secara virtual, Selasa (10/7/2024), Menparekraf Sandiaga mengatakan, Gresik punya potensi parekraf yang beraneka ragam dan patut dikembangkan dan diperkuat eksistensinya. Di wilayah itu misalnya ada Bandar Grissee, wisata ziarah Makam Wali Songo, dan masih banyak lagi potensi wisata lainnya. Oleh karena itu, ia menekankan perlunya kolaborasi yang kuat untuk mengembangkan potensi tersebut.

"Dengan semangat 3 Si (inovasi, adaptasi, dan kolaborasi), saya percaya teman-teman komunitas di Gresik bisa meningkatkan pencapaian omzet penjualan dengan menarik lebih banyak kunjungan wisatawan," kata Sandiaga.

Menurutnya, salah satu upaya yang tepat untuk menarik kunjungan wisatawan ke Gresik adalah dengan menggelar berbagai event dan kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition). "Undang wisatawan berwisata ke Gresik dengan menghadirkan fasilitas pendukung meeting, incentive, convention, exhibition, seperti hotel, gedung pertemuan, dan berbagai produk kreatif pendukung lainnya," katanya.

Selain itu, Sandiaga menuturkan Kemenparekraf telah menyiapkan berbagai program pendukung untuk mengoptimalisasi pengembangan potensi parekraf. Di antaranya melalui program BEDA’KAN (Bedah desain Kemasan), Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI), Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif, pengembangan desa wisata dan berbagai program lain yang diharapkan tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu bagi masyarakat.

"Bicara komunitas, kami siap memfasilitasi keberlanjutan kolaborasi antar komunitas ini. tinggal jawabannya di komunitas apakah akan meneruskan momentum yang telah kita bangun ini," ujar Sandiaga.

Asisten II Bupati Gresik, Misbahul Munir, sangat berharap program-program yang diinisiasi Kemenparekraf ini bisa dikembangkan di wilayahnya untuk memicu pengembangan potensi parekraf Gresik di masa mendatang.

"Terima kasih Pak Menteri mohon selalu dukungannya sehingga pariwisata di Gresik ini bisa menjadi berkah bagi masyarakat di Kabupaten Gresik," ujar Munir.

Kegiatan ini dihadiri secara luring oleh Plt. Direktur Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran (MICE) Kemenparekraf/Baparekraf, Itok Parikesit.

 

I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

 

Untuk informasi terkini terkait Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kunjungi

https://kemenparekraf.go.id/berita

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RIKamis, 11 Juli 2024
1058
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif