Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Siaran Pers : Menparekraf Apresiasi Kongres Pemerintah Daerah Asia Timur Dorong Kebangkitan Parekraf Pascapandemi

Siaran Pers : Menparekraf Apresiasi Kongres Pemerintah Daerah Asia Timur Dorong Kebangkitan Parekraf Pascapandemi

0


Bandung, 23 November 2022 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi penyelenggaraan "11th East Asia Local and Regional Government Congress (EALRGC)" yang salah satunya membahas strategi dan upaya bersama mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pascapandemi dalam upaya mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja. 


Menparekraf Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama kepala daerah anggota East Asia Local and Regional Government Congress (EALRGC) hadir dalam acara "Welcoming Dinner EALRGC 2022" di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Rabu (23/11/2022).



Menparekraf Sandiaga Uno saat hadir di acara "Welcoming Dinner EALRGC 2022" di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Rabu (23/11/2022) malam, mengatakan, kongres ini merupakan momen penting untuk membangkitkan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, sekaligus menjadi sumber inspirasi guna menghadirkan kebijakan yang tepat sasaran, tepat sasaran, dan tepat waktu, serta memenuhi kebutuhan masyarakat yang salah satunya ditopang melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.


"Isu utama dalam kebangkitan pascapandemi yang juga baru saja disetujui di Bali saat G20, adalah isu-isu yang berkaitan dengan digitalisasi, kesehatan, dan juga transformasi energi hijau. Tentu ini akan sangat menarik untuk dibahas dalam level (pemerintah) regional dan lokal," kata Menparekraf Sandiaga Uno. 


East Asia Local and Regional Government Congress beranggotakan 75 kepala daerah dari 7 negara di Asia Timur seperti Jepang, China, Korea Selatan, Malaysia, Vietnam, dan Filipina. Di EALRGC ke-11 yang berlangsung pada 23 hingga 24 November 2022 di Trans Luxury Hotel, Bandung, ini diikuti oleh 92 delegasi dan 8 observer. 


Menparekraf sandiaga menjelaskan, industri pariwisata Indonesia saat ini sedang bergerak naik meski jumlahnya masih di bawah 20 persen dari prapandemi. 


Per September 2022, total kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sepanjang 2022 sebesar 2,4 juta pengunjung dengan lima negara teratas penyumbang wisman ke Indonesia yakni Australia, Singapura, Malaysia, India, dan Inggris. 


"Kami sangat yakin dengan kekayaan alam dan budaya, termasuk di Jawa Barat dengan kekayaan produk kreatif lokalnya, jumlah ini (kunjungan wisman) akan terus meningkat hingga akhir tahun," kata Sandiaga. 



Efektivitas kebijakan publik di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif dalam meningkatkan perekonomian nasional sangat penting. Untuk itu, Kemenparekraf membuat tiga strategi yakni Gercep (gerak cepat), Geber (gerak bersama), dan Gaspol (gali semua potensi lapangan kerja). 


"Kita perlu berinovasi, kita perlu beradaptasi, dan kita perlu berkolaborasi. Saya berharap kongres ini akan menghasilkan solusi sehingga kita dapat menghidupkan kembali ekonomi pascapandemi dan penciptaan lapangan kerja," ujar Sandiaga.


“Kita akan fokus agar sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa bangkit dan menciptakan lapangan kerja baru yang tahun ini ditargetkan dapat menciptakan 1,1 juta lapangan kerja, dan 4,4 juta lapangan kerja baru berkualitas di tahun 2024," kata Sandiaga. 


Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, selain pembahasan tentang pariwisata dan promosi pariwisata, kongres ini juga menjadi ajang pertukaran informasi masalah ekonomi, sosial, dan industri. 


"Kita akan membahas kerja sama pasca-COVID-19. Para kepala daerah di Asia Timur ini ingin mencari sebuah upaya-upaya yang bisa menyatukan kita dalam satu kerja sama," kata Ridwan Kamil. 



Sejatinya EALGRC ke-11 berlangsung pada 2020 namun harus ditunda karena pandemi COVID-19. 


Pada penyelenggaraan di Bandung kali ini pun berbarengan dengan kejadian bencana gempa bumi di Cianjur. Sebagai tanda rasa duka dan simpati yang mendalam, para delegasi mengenakan pita hitam di lengan kiri masing-masing. 


"Terima kasih semua delegasi menyampaikan rasa duka cita, bahkan delegasi Jepang mengumpulkan bantuan secara spontan untuk warga Cianjur karena mereka sangat merasakan masalah kemanusiaan ini. Mudah-mudahan rasa simpati itu menyertai semangat untuk saling berbagi, berbagi ilmu, berbagi pengetahuan, resources, untuk menyelamatkan peradaban manusia menjadi lebih selamat lebih makmur," kata Ridwan Kamil. 


Turut mendampingi Menparekraf Sandiaga dalam kesempatan tersebut, Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Kemenparekraf/Baparekraf, Raden Wisnu Sindhutrisno.



I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kemenparekraf / Baparekraf
KEMENPAREKRAF/ BAPAREKRAF RIKamis, 24 November 2022
584
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif