Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
SIARAN PERS : Menparekraf Undang Pengelola Homestay di Mandalika Tonton Langsung MotoGP

SIARAN PERS : Menparekraf Undang Pengelola Homestay di Mandalika Tonton Langsung MotoGP

0

SIARAN PERS 


KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF 


Menparekraf Undang Pengelola Homestay di Mandalika Tonton Langsung MotoGP


Kuta, Lombok Tengah, 19 Maret 2022 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno kembali meninjau pelaksanaan Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP 2022) yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Namun ada pemandangan berbeda dalam peninjauan Sandiaga kali ini. 

Ia datang bersama H. Salamiah, salah seorang pemilik sarana hunian pariwisata (sarhunta/homestay) di kawasan Kuta, Lombok Tengah. Menparekraf Sandiaga menepati janjinya mengundang pria berusia 60 tahun itu untuk menyaksikan langsung ajang adu balap motor kelas dunia yang dilangsungkan di tanah kelahiran H. Salamiah itu. 


"Hari ini sengaja saya undang Haji Salamiah, Pak Haji ini memiliki homestay yang ada di Kuta Mandalika. Saya waktu itu bertemu beliau yang menyampaikan pesan bahwa MotoGP harus dapat mengangkat kesejahteraan masyarakat. Bukan hanya penonton, tapi juga masyarakat sekitar sini di Lombok dan juga sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Sandiaga, Sabtu (19/3/2022). 


Selama kurun waktu dari mulai proses pembangunan Pertamina Mandalika International Street Circuit, sarhunta milik H. Salamiah adalah salah satu yang mendapatkan dampak positif. Sejak saat itu hingga kini sarhunta miliknya selalu penuh. 


Hal inilah, kata Sandiaga, yang akan dipastikan pihaknya bahwa atraksi ataupun penyelenggaraan-penyelenggaraan event kelas dunia dapat memberikan dampak kepada masyarakat. 

"Semuanya sudah terpesan habis kamarnya minggu ini dan penuh, kita ucapkan terima kasih. Saya tepati janji, saya undang untuk langsung menonton, ini adalah pusatnya MotoGP. Jadi kita hadir di sini untuk seluruh masyarakat dan kita harus pastikan ini adalah kebangkitan ekonomi kita," kata Sandiaga.  


Dalam kesempatan itu Sandiaga juga mengundang Dady, bocah asal Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur, yang sempat viral karena keahliannya melakukan personifikasi komentator legendaris MotoGP, Nick Harris. Di hadapan Sandiaga, Dady pun berkesempatan memamerkan keahliannya menjadi seorang komentator MotoGP. 


"Jadi Dady ini dari pulau terselatan Indonesia, ini adalah representasi bahwa seluruh Indonesia juga hadir dan MotoGP membangkitkan semangat kita. Kesuksesan MotoGP ini bukan hanya kesuksesan kita, tapi kesuksesan Indonesia secara keseluruhan," kata Sandiaga. 


"Pertamina Mandalika International Street circuit harus kita jadikan ikon Indonesia. Dan sirkuit tercantik di dunia ini juga memberikan dampak luas terhadap masyarakat dan destinasi super prioritas ini mudah-mudahan menjadi objek wisata bukan hanya super prioritas tapi juga super berkualitas untuk dunia melihat Indonesia," ujarnya.  


Quartararo Raih Pole Position 


Sementara hasil kualifikasi MotoGP 2022 Mandalika yang berlangsung hari ini, Sabtu (19/3/2022), pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP, Fabio Quartararo berhasil meraih pole. Pembalap asal Prancis itu mengukir catatan waktu terbaik 1 menit 31,067 detik. 

Posisi dua dan tiga ditempati dua pembalap Pramac Racing, Jorge Martin dan Johann Zarco.


Sementara dua pembalap dari tim Gresini Racing, Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio akan memulai balap dari posisi 5 dan 11. 


Hasil kurang memuaskan dialami pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. Juara dunia 6 kali itu dua kali jatuh pada sesi kualifikasi pertama. Marquez akan memulai balapan besok pada posisi 15. 


Berbeda dengan penyelenggaraan hari pertama MotoGP Mandalika 2022 kemarin, hari ini pengunjung sudah mulai memadati Pertamina Mandalika International Street Circuit. Mereka sangat antusias menyaksikan untuk pertama kalinya balapan motor kelas dunia hadir di Indonesia setelah tahun 1997. 

Tidak hanya memadati lokasi duduk, banyak masyarakat yang juga beraktivitas di area inner circuit. 


Di sana pengunjung bisa menikmati berbagai suguhan menarik. Mulai dari kuliner, official merchandise tim balap dan official merchandise Pertamina Grand Prix of Indonesia, juga penampilan sejumlah musisi di panggung Mandalika Music Vibes. Diantara musisi yang tampil hari ini ada RAN, Maliq & D'essentials, Feel Koplo, dan Padi Reborn. 



I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kemenparekraf / Baparekraf
KemenparekrafMinggu, 20 Maret 2022
835
© 2023 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif