Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Siaran Pers: Menparekraf: Jumlah Penonton WSBK 2023 Capai Rekor Tertinggi

Siaran Pers: Menparekraf: Jumlah Penonton WSBK 2023 Capai Rekor Tertinggi

0

SIARAN PERS 


KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF 


Menparekraf: Jumlah Penonton WSBK 2023 Capai Rekor Tertinggi 


Kesuksesan WSBK 2023 perkuat kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja


Lombok, 5 Maret 2023 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi kesuksesan penyelenggaraan event balap kelas dunia World Superbike (WSBK) 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, Mandalika, NTB, yang berhasil melewati angka jumlah penonton penyelenggaraan tahun lalu bahkan mencapai rekor tertinggi dibanding penyelenggaraan WSBK sebelum-sebelumnya.

Kesuksesan ini diharapkan dapat memberikan dampak yang luas pada kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat. 


Menparekraf Sandiaga Uno usai menyaksikan race 2 World Superbike 2023, Minggu (5/3/2023), mengatakan, selama tiga hari event (3-5 Maret 2023), WSBK 2023 dipadati 59.251 penonton. 


Jumlah ini meningkat 14,76 persen dibanding penyelenggaraan WSBK Mandalika 2022 sebesar 51.693 penonton dari target pemerintah 45.000 penonton, di mana jumlah tersebut merupakan rekor tinggi jumlah penonton dibanding penyelenggaraan WSBK sebelum-sebelumnya. 


"Kita bersyukur atas capaian yang baik ini. Kita semua mesti bangga bisa menjadi bagian dari sejarah, ini adalah angka yang sangat membanggakan," kata Menparekraf Sandiaga Uno. 


Capaian ini tentu tidak lepas dari kolaborasi yang kuat dari seluruh pihak. Mulai dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, ITDC, MGPA, masyarakat, dan juga media yang terus mendukung WSBK 2023. 


Menparekraf pun berharap capaian ini akan selaras dengan dampak langsung maupun tidak langsung terhadap kebangkitan ekonomi masyarakat dan terbukanya lapangan kerja. Khususnya bagi pelaku UMKM. 

"Alhamdulillah capaian yang super baik ini akan kami hitung dengan seksama melalui beberapa kajian. Jadi kita mesti bangga bahwa Mandalika terus menorehkan prestasi. Mari kita dukung bersama dan momentum ini kita jaga dengan baik dengan narasi positif membangun optimisme siap semua," kata Sandiaga. 


Menparekraf mengatakan, pihaknya akan melakukan kajian lebih jauh tentang dampak dari penyelenggaraan WSBK 2023 untuk mendapatkan data yang lebih kuat terhadap masyarakat. 


"Mudah-mudahan ini bisa menjadi modal bagi kita dalam menyelenggarakan MXGP dan MotoGP. Harapannya kebangkitan pariwisata kita bisa kita ciptakan dengan total target 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024," ujar Sandiaga. 


Direktur MGPA Priandi Satria menyampaikan apresiasi untuk dukungan dari banyak pihak atas kesuksesan penyelenggaraan WSBK 2023. Ia mengatakan, Dorna Sport merasa penyelenggaraan event balap di Indonesia selalu memberikan hal yang berbeda yang dapat dirasakan para pembalap. Di antaranya adalah suguhan budaya yang begitu kuat. 


"Dorna sangat senang, mengapresiasi dan sebagian besar dari kesenian pada hari ini juga ditayangkan secara live sebelum start. Jadi sekali lagi kami mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi semuanya dalam menyukseskan WSBK 2023," kata Priandi. 


Alvaro Bautista Raih Juara


Pada race kedua World Superbike 2023, pembalap Ducati Alvaro Bautista berhasil meraih podium utama. Ia berhasil mengungguli dua pesaingnya, Toprak Razgatlıoğlu dan Xavi Vierge. 


Dalam kesempatan ini, Menparekraf Sandiaga berkesempatan memberikan trophy juara kepada Xavi Vierge. 

Turut hadir mendampingi Menparekraf Sandiaga, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu; Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekraf, Dessy Ruhati; dan Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani. 


Juga hadir Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Jamaluddin; serta Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB, Najamuddin Amy. 


I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RISenin, 6 Maret 2023
1066
© 2023 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif