Ringkasan Program Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tahun 2022
Peserta survey opini publik ini adalah wisatawan yang menjadi peserta field trip GPDRR di Bali pada tanggal 28 Mei 2022. Survey dilakukan usai acara field trip berlangsung dengan 2 metode, yaitu mengisi form online atau offline. Peserta field trip dibagi menjadi 3 group dengan 3 rute destinasi Peserta field trip berasal dari berbagai negara dan didominasi oleh wisatawan mancanegara.
Sebagai salah satu sub bagian di Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sub Koordinator Pemantauan dan Analisis Media Bagian Hubungan Masyarakat Biro Komunikasi memiliki tugas dalam melakukan pengumpulan dan pengolahan data, analisis berita, serta melakukan diseminasi kebijakan hasil analisis yang nantinya bisa menjadi bahan rekomendasi bagi para pemangku kepentingan di Lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf. Berkaitan dengan hal tersebut, sub koordinator Pemantauan dan Analisis Media akan melaksanakan survei opini publik di Lombok, Nusa Tenggara Barat selama event MotoGP Mandalika 2022.
Survey opini publik ini dilakukan di arus mudik daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, dengan total 90 responden pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, dan 90 responden wisatawan. Setiap daerah dibagi merata yaitu 30 responden pelaku pariwisata dan 30 responden wisatawan dengan pertanyaan berbeda.