Penasaran sejarah Kemenparekraf? YukKlik Disini
Siaran Pers : Menparekraf Dorong Pemda dan Pelaku Ekraf di Kabupaten Cirebon Perkuat Produk Kreatif Unggulan

Siaran Pers : Menparekraf Dorong Pemda dan Pelaku Ekraf di Kabupaten Cirebon Perkuat Produk Kreatif Unggulan

0

SIARAN PERS

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Menparekraf Dorong Pemda dan Pelaku Ekraf di Kabupaten Cirebon Perkuat Produk Kreatif Unggulan 

Dalam upaya mendorong kebangkitan ekonomi dengan terbukanya lapangan kerja

Kab. Cirebon, 19 Juni 2022 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pemerintah daerah dan pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Cirebon untuk memperkuat pengembangan produk subsektor ekonomi kreatif unggulannya. 

“Kabupaten Cirebon punya potensi yang akan kita kembangkan asal kita bergandengan tangan. Saya serahkan Pak Bupati dan teman-teman ekraf untuk menentukan mana subsektor ekraf yang menjadi unggulan,” kata Menparekraf Sandiaga, usai mengisi workshop KaTa Kreatif di Desa Alamanis Resort  &  Vila Cirebon, Minggu (19/6/2022). 

Sandiaga menjelaskan dengan mengembangkan produk ekonomi kreatif unggulan maka akan tercipta produk dengan kekhasan dari daerah tersebut. Sehingga, nantinya akan mendorong bangkitnya perekonomian daerah. 

Oleh karena itu, ia juga mendorong pelaku ekraf Kabupaten Cirebon untuk mengembangkan dan menggali potensi yang dimiliki serta meningkatkan kualitas produknya melalui program Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia.

“Kabupaten Cirebon ini punya kuliner yang beragam dan enak-enak sekali, seperti Nasi Jamblang, Empal Gentong. Selain itu ada produk fesyen seperti batik khas Cirebon. Produk-produk subsektor ekraf inilah yang harus kita kembangkan dan tingkatkan kualitasnya,” ujarnya. 

Terkait pemasaran produk pelaku ekonomi kreatif Kabupaten Cirebon, Sandiaga mengungkapkan pihaknya akan membantu pemasaran produk-produk tersebut melalui gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. 

"Di mana 30 juta UMKM didorong masuk ke dalam platform dan onboarding digital,  didukung  dengan adanya aturan dari pemerintah tentang kewajiban membeli produk-produk UMKM ini karena masuk ke dalam  melalui E-katalog," kata Sandiaga. 

“Kami sangat mendukung, karena produk ekraf ini bisa menciptakan peluang usaha dan kerja. Tahun ini kita targetkan lapangan kerja tercipta 700 ribu dari sektor ekonomi kreatif. Kami harapkan ini menjadi tatanan ekonomi baru dan membawa Kabupaten Cirebon segera bangkit dan pulih,” kata Menparekraf. 

Sementara itu, Bupati Cirebon Imron Rosyadi, menyampaikan kegiatan Workshop KaTa Kreatif diharapkan dapat memperluas pemasaran produk-produk ekonomi kreatif Kabupaten Cirebon, sehingga dapat berdampak pada peningkatan pendapatan pelaku usaha.

“Masyarakat perlu  dukungan akses permodalan dan pemasaran dalam mengembangkan produk-produk ekonomi kreatifnya. Dengan hadirnya Menparekraf untuk mendukung Kabupaten Cirebon sekali lagi saya ucapkan terima kasih, jangan bosan-bosan mendukung kami,” kata Imron. 

Workshop ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Cirebon, Ibu Wahyu Tjiptaningsih dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Cirebon, Bapak Deni Nurcahya. 


Dalam kunjungannya, Sandiaga didampingi oleh Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso; Tenaga Ahli Bidang Organisasi, Tata Laksana, dan Hubungan antar Lembaga, Bapak Noorhadi Sadli; dan Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto.

I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RIMinggu, 19 Juni 2022
285
© 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif