Beranda >> ragam pariwisata >> Kali Biru Genyem Papua: Surga Cantik di Bumi Cenderawasih
banner foto

Kali Biru Genyem Papua: Surga Cantik di Bumi Cenderawasih

Pariwisata

0

19 November 2021 oleh Kemenparekraf/Baparekraf RI
353
Bumi Cenderawasih tidak pernah berhenti membuat wisatawan berdecak kagum. Selain budaya, Papua juga menyimpan sederet potensi pariwisata andalan untuk terus menarik hati para wisatawan berkunjung ke Papua.
Dari gunung hingga pantai, provinsi di ujung timur Indonesia ini menyimpan potensi yang membanggakan. Salah satu destinasi wisata alam di Provinsi Papua yang layak diperhitungkan adalah Kali Biru, atau Kali Biru Genyem. Destinasi ini berada di wilayah Berab, Nimbokrang, Kabupaten Jayapura, Papua.
Kali Biru merupakan sebuah kolam alami dengan air yang berwarna biru jernih dan memiliki suasana alam yang masih asri. Belakangan objek wisata ini sedang naik daun di kalangan pecinta alam. Hal ini terbukti dari banyaknya foto-foto Kali Biru yang diunggah di media sosial.
Meski banyak lokasi serupa di Indonesia, namun Kali Biru di Papua punya keunikan tersendiri yang tidak bisa wisatawan dapatkan di lokasi lain. Salah satunya kesempatan untuk melihat langsung burung asli dan langka khas Papua, yakni burung Cenderawasih.
Pesona Kali Biru Genyem
Sesuai namanya, Kali Biru Genyem merupakan sebuah sungai yang memiliki air jernih berwarna biru kehijauan. Dalam bahasa setempat Kali Biru disebut dengan Warabiae.
Sungai ini membentuk sebuah kolam alam yang dapat digunakan wisatawan untuk berenang atau sekadar bermain air. Memiliki air yang sangat bersih, memungkinkan wisatawan untuk berenang sepuasnya di lokasi Kali Biru Genyem. Meski demikian pengunjung perlu berhati-hati saat berenang, mengingat Kali Biru Genyem memiliki kedalaman hingga 5 meter.
Siang hari merupakan waktu ideal untuk mengunjungi Kali Biru Genyem. Pasalnya, saat siang hari air Kali Biru Genyem dapat memantulkan cahaya matahari hingga tampak semakin berkilauan. Tidak hanya berenang, wisatawan juga bisa melakukan berbagai kegiatan lain. Mulai dari menikmati panorama menakjubkan dari kolam, hingga berswafoto dengan latar alam Papua yang masih asri.
Terletak di kawasan kaki gunung membuat udara di sekitar Kali Biru Genyem terasa sejuk menyegarkan. Perpaduan antara pemandangan sungai yang memesona dengan udara yang sejuk membuat Kali Biru Genyem cocok sebagai pilihan refreshing di tengah penatnya rutinitas.
Fakta menarik lainnya mengenai Kali Biru Genyem adalah destinasi wisata ini sebenarnya terletak di kawasan hutan lindung. Wilayah Kali Biru Genyem merupakan habitat dan perkembangbiakan burung-burung langka asli Papua. Salah satu burung yang berada di kawasan ini adalah burung Cendrawasih. Jika beruntung, wisatawan bisa mengamati hewan langka yang beraktivitas di area hutan lindung ini.
Selain berwisata alam, wisatawan juga dapat melihat budaya asli di Kali Biru Genyem. Lantaran destinasi wisata ini berada tepat di dalam kawasan Kampung Berab Genyem. Agar bisa lebih dalam menikmati kebudayaan setempat, wisatawan dapat menyewa penginapan di sejumlah rumah warga, atau mengikuti paket wisata yang tersedia.
Selain mengunjungi Kali Biru, di Perkampungan Berab Genyem wisatawan juga dapat melakukan wisata edukasi, yakni dengan belajar menganyam noken langsung dari masyarakat setempat.
Menuju Kali Biru Genyem
Meski masih berada di kawasan Kabupaten Jayapura, namun butuh waktu tempuh sekitar dua jam untuk sampai ke Kali Biru Genyem. Destinasi wisata ini berjarak 65 km dari Bandar Udara Sentani.
Namun wisatawan dipastikan tidak akan bosan selama perjalanan menuju ke destinasi wisata ini. Pasalnya, sepanjang perjalanan wisatawan akan disuguhi panorama khas alam Papua. Medan jalan yang melewati perbukitan dan pegunungan membuat pemandangan tampak semakin indah.
Aksesibilitas menuju destinasi wisata ini cukup mudah ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Setibanya di Kali biru Genyem, perjalanan selama 2 jam akan terbayar lunas dengan keasrian dan keindahan yang dimilikinya.
Jadi, bagaimana? Tertarik mengunjungi Kali Biru Genyem di Jayapura, Papua?
Foto Cover: Lanskap Kali Biru Genyem, Papua. (Shutterstock/Steven Ohello)


Berita Terkait
rekomendasi berita

Lokasi Sport Tourism Ini Menggunakan Nama Selebritis Indonesia

rekomendasi berita

Kali Biru Genyem Papua: Surga Cantik di Bumi Cenderawasih

rekomendasi berita

Mandalika Siap Sambut MotoGP 2022, Ini Destinasi Unggulannya