Beranda >> rumah difabel >> Infografik: Mengenal Beberapa Istilah dalam Vaksinasi COVID-19
banner foto

Infografik: Mengenal Beberapa Istilah dalam Vaksinasi COVID-19

Vaksin

0

30 Juni 2021 oleh Kemenparekraf/Baparekraf RI
1270
\
Dalam menjalankan program vaksinasi COVID-19 yang dilakukan Indonesia saat ini, beberapa istilah sering digunakan. Berikut ini adalah penjelasan istilah-istilah dalam vaksinasi COVID-19 yang sering kita dengar.
1. Vaksin
Produk yang mampu merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melindungi orang tersebut dari penyakit atau infeksi tertentu. Vaksin biasanya diberikan melalui suntikan jarum, tapi bisa juga melalui mulut atau disemprotkan ke hidung.
2. Vaksinasi
Tindakan memasukkan vaksin ke dalam tubuh untuk menghasilkan kekebalan terhadap penyakit tertentu.
3. Imunisasi
Proses di mana seseorang dilindungi dari suatu penyakit melalui vaksinasi. Imunisasi memberikan kekebalan, dengan demikian seseorang dapat menjadi kebal terhadap suatu penyakit ketika tubuhnya terpapar organisme penyebab penyakit dan mengembangkan antibodi untuk melawannya.
4. Imunitas
Kemampuan kekebalan tubuh melawan suatu penyakit.
5. Herd Immunity
Dikenal _juga dengan istilah k_ekebalan kelompok, yakni ketika sebagian besar (70%) orang dalam suatu kelompok telah memiliki kekebalan terhadap penyakit infeksi tertentu. Semakin banyak orang yang kebal terhadap suatu penyakit, semakin sulit bagi penyakit tersebut untuk menyebar.
6. Inokulasi
Merupakan kegiatan pemindahan mikroorganisme baik berupa bakteri atau virus dari sumber asalnya ke medium baru. Misalnya pemindahan cairan tubuh yang diusap dari hidung ke media pengujian lain, untuk mengetahui keberadaan bakteri atau virus.


Berita Terkait
rekomendasi berita

Gol A Gong: Penulis Difabel dan Duta Baca Indonesia

rekomendasi berita

Desa Bengkala Bali: Desa Difabel yang Masyarakatnya Pandai Menari

rekomendasi berita

Destinasi Wisata Saksi Perjuangan Kemerdekaan