Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
AVPN Conference 2022, Pemulihan Ekonomi Melalui Investasi Filantropi

AVPN Conference 2022, Pemulihan Ekonomi Melalui Investasi Filantropi

0

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menyelenggarakan side event G20 sejak Maret 2022 di Bali dan beberapa lokasi lainnya. Salah satu side event G20 substantif yang akan dilakukan adalah Asian Venture Philanthropy Network (AVPN) Conference yang akan dilaksanakan pada 21-24 Juni 2022. AVPN Conference diharapkan bisa menjadi solusi dalam masa pemulihan ekonomi sehingga dapat menciptakan kebijakan yang berpihak pada masyarakat luas.

“Persiapan untuk AVPN Conference 2022 dalam tahap konfirmasi kehadiran beberapa pembicara kunci. Sampai saat ini, peserta konferensi yang telah dikonfirmasi ikut telah mencapai 553 orang yang berasal dari berbagai negara. Profil peserta terdiri dari foundation, family offices, corporation, financial institutions, impact funds, private equality, venture capital, governments, multilateral institutions, incubators, universities, research center, dan services providers,” kata Hanifah Makarim selaku Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf/Baparekraf.

Rangkaian AVPN Conference 2022 juga telah dipersiapkan. Acara yang akan berlangsung selama 4 hari ini akan dibagi menjadi beberapa kegiatan. Pertama dalam seminar dengan Plenary Keynote & Breakout, kedua Workshop & rountables, ketiga Networking Lunch and Dinner dan keempat Bertemu kembali dan jejaring.

Breakout paralel akan dibagi menjadi 7 tema. Sesi pertama akan membahas tentang climate change, lalu dilanjutkan dengan philanthropy, impact investment, blended finance, nutrition, health care, dan collaborative philanthropy. Pembahasan Breakout pararel ini juga secara khusus akan membahas masalah gender dan showcase of AVPN fund grantees.

“Isu atau strategi dari pihak Kemenparekraf yaitu perlunya investasi pemerintah dalam bidang akses pembiayaan pada usaha yang berdampak sosial terhadap kelestarian lingkungan pemberdayaan perempuan, dan keadilan sosial. Isu tersebut diwujudkan dengan kegiatan pitching forum untuk social enterprise yaitu Impact Showcase: Accelerating Solution in the Sustainable Creative Economy yang juga menjadi rangkaian dalam acara AVPN Conference,” ujar Hanifah.

Menurut Hanifah, hadirnya AVPN Conference 2022 di Indonesia merupakan kesempatan yang sangat baik dalam proses pengembangan dan pemulihan industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Terlebih, menurut Hanifah, output AVPN Conference 2022 dapat meningkatkan akses pembiayaan ada usaha yang berdampak sosial, memperkokoh posisi ekonomi kreatif Indonesia yang berada di peringkat ketiga terbesar di dunia terhadap gross domestic product (GDP).

Potret Peserta AVPN Conference. (Foto: Dok. AVPN).

“Penyelenggaraan AVPN Conference 2022 Indonesia dapat menarik perhatian internasional pada nilai ekonomi, sosial, dan pembangunan berkelanjutan dari industri kreatif. Acara ini juga dapat mempromosikan jaringan yang kuat dengan investor filantropis (anggota AVPN) menawarkan dukungan dan prestige yang memastikan manfaat ekonomi,” ungkap Hanifah.

Selain itu,Hanifah juga berpendapat jika AVPN Conference 2022 dapat mendorong kolaborasi antar sektor publik dan swasta dalam membantu ekonomi kreatif. Hal ini sangat penting mengingat Indonesia tengah memasuki masa pemulihan dan bangkit dari kondisi krisis ekonomi yang dapat dilakukan dengan mencari kesempatan untuk tumbuh di pasar internasional.

Hanifah berharap, pelaksanaan AVPN Conference 2022 bisa memberikan dampak yang karena menjadi peluang dalam mempertemukan social enterprises di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan sumber pembiayaan filantropi melalui jaringan AVPN melalui Showcase – Pitching Forum. Dampak AVPN Conference 2022 lainnya adalah untuk menyediakan platform networking untuk industri meliputi investor sosial dan beragam startup di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di lingkup Asia dan mendorong kolaborasi untuk memajukan tujuan berdampak sosial dan membangkitkan investasi sosial di Indonesia.

“Semoga dengan terlaksananya AVPN Conference 2022 dapat menjadi ajang investasi sosial terbesar di Asia bagi investor dan sumber pembiayaan filantropi dari seluruh dunia. Ajang AVPN Conference 2022 akan menjadi kesempatan yang sangat baik dalam berbagi pengetahuan, membangun kerjasama strategis, dan menjawab tantangan sosial-ekonomi terkini,” kata Hanifah.

Foto Cover: Potret suasana AVPN Conference. (Dok. AVPN).

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RISenin, 16 Mei 2022
3348
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif