Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Siaran Pers : Andalkan Pemandangan Selat Sumbawa, Desa Wisata Labuhan Lombok Tembus ADWI 2023

Siaran Pers : Andalkan Pemandangan Selat Sumbawa, Desa Wisata Labuhan Lombok Tembus ADWI 2023

0

SIARAN PERS

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Andalkan Pemandangan Selat Sumbawa, Desa Wisata Labuhan Lombok Tembus ADWI 2023

Sebagai upaya mendorong kebangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja

Labuhan Lombok, 17 Mei 2023 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, melanjutkan kunjungan kerjanya ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), dengan mengunjungi Desa Wisata Labuhan Lombok.

Menparekraf Sandiaga Uno bermain layang-layang bersama masyarakat sambil menikmati keindahan Bukit Kayangan di Desa Wisata Labuhan Lombok yang masuk ke dalam 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, Lombok Timur, Rabu (17/5/2023).

Dalam kunjungan pada Rabu (17/5/2023) ini, Menparekraf Sandiaga mengapresiasi keberhasilan Desa Wisata Labuhan Lombok di Kabupaten Lombok Timur yang terpilih sebagai salah satu dari 75 besar desa wisata dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Desa Wisata Labuhan Lombok berada di Kecamatan Pringgabaya dan dapat dijangkau dengan perjalanan darat sepanjang 79 kilometer selama dua jam dari Bandara Internasional Lombok. 

Desa yang berdekatan dengan Pelabuhan Kayangan ini menawarkan pemandangan Selat Sumbawa yang indah, bahkan saat cuaca cerah, wisatawan bisa melihat Pulau Sumbawa dan Gunung Rinjani dari area perbukitan yang ada di desa wisata Labuhan Lombok ini.

Selain mengungkapkan rasa kagumnya terhadap keindahan alam di Desa Wisata Labuhan Lombok, Menparekraf Sandiaga juga mengapresiasi kolaborasi antara perangkat desa dan kelompok sadar wisata (pokdarwis) setempat dalam mengelola potensi yang ada di desa ini. "Di sini bentuknya kolaborasi, lahan 10 hektare dikelola dengan baik oleh pokdarwis dan kepala desa agar wisatawan dapat menikmati alam yang indah dan budaya yang kaya raya," kata Sandiaga.

Sandiaga mengungkapkan Lombok memiliki potensi wisata yang beraneka ragam. Sehingga potensi yang ada ini perlu diimbangi dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM) bagi masyarakat NTB.

Salah satu upaya konkret dari peningkatan kualitas SDM ini, kata Sandiaga, adalah pelaksanaan pelatihan bagi pelaku parekraf di Lombok yang bekerja sama dengan Bank Dunia. 

"Ini akan terus kita lakukan dengan kesinambungan dan harapannya bisa ditingkatkan tahun depan dan kita akan memperpanjang kerja sama dengan World Bank. Mudah-mudahan nanti juga akan menyentuh Desa Wisata Labuhan di Lombok Timur," katanya.

Dalam kunjungan ini Menparekraf Sandiaga didampingi Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso; dan Direktur Poltekpar Lombok, Herry Rachmat Widjaja. Turut hadir pula Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Jamaluddin.

Dalam kesempatan itu, selain menandatangani prasasti 75 besar ADWI 2023 bagi Desa Wisata Labuhan Lombok, Menparekraf Sandiaga juga menandatangani prasasti desa wisata terbaik bagi Desa Wisata Lembar Selatan di Kabupaten Lombok Barat dan Desa Wisata Setanggor di Kabupaten Lombok Tengah.

I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RIKamis, 18 Mei 2023
4003
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif