Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Siaran Pers: Kemenparekraf dan Samuel Sekuritas Jalin Kerja Sama Perkuat Indeks Saham Sektor Parekraf

Siaran Pers: Kemenparekraf dan Samuel Sekuritas Jalin Kerja Sama Perkuat Indeks Saham Sektor Parekraf

0

SIARAN PERS

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Kemenparekraf dan Samuel Sekuritas Jalin Kerja Sama Perkuat Indeks Saham Sektor Parekraf

Jakarta, 10 Juli  2024 - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menjalin kerja sama dengan PT. Samuel Sekuritas Indonesia untuk memperkuat indeks saham di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. 

Kerja sama tersebut terjalin melalui Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf Dessy Ruhati dan Direktur Utama PT. Samuel Sekuritas Indonesia Liem Hisdiyanto yang disaksikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di Menara Imperium, Jakarta Selatan, Rabu (10/7/2024). 

“MoU Kemenparekraf dengan Samuel Sekuritas adalah sebuah kolabor-aksi dalam menyosialisasi dan mengedukasi pemangku kepentingan parekraf terkait investasi di sektor parekraf yang ada di Bursa Efek Indonesia,” kata Menparekraf Sandiaga. 

Ruang lingkup kesepahaman bersama meliputi pembentukan daftar emiten pariwisata dan ekonomi kreatif; pembahasan emiten pariwisata dan ekonomi kreatif; peluang emiten pariwisata dan ekonomi kreatif di pasar modal; dan kerja sama/kegiatan lain sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing pihak.

Menparekraf berharap kerja sama yang terjalin ini bisa meningkatkan investasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif guna mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. 

Kerja sama ini juga diharapkan bisa mengakselerasi para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif untuk dapat melantai di Bursa Efek Indonesia dengan skema penawaran umum perdana atau yang lebih dikenal dengan nama Initial Public Offering (IPO). 

“Maka melalui kerja sama dengan Samuel Sekuritas ini bisa kita arahkan sehingga ada masukan, nasehat, atau semacamnya agar mereka bisa mengakses pasar modal, kami juga ada Direktorat Akses Pembiayaan yang akan menindaklanjuti kerja sama ini,” kata Menparekraf Sandiaga. 

President Director Samuel Sekuritas, Hisdi Liem, mengungkapkan, kerja sama ini merupakan langkah strategi dalam mendukung pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Samuel Sekuritas berkomitmen untuk mendukung pengembangan sektor parekraf melalui berbagai produk dan layanan investasi. 

“Kami yakin dengan kolaborasi yang kuat antar pemerintah dan swasta dapat meningkatkan ekosistem perekonomian yang lebih kondusif. Semoga kerja sama ini membawa manfaat bagi Indonesia,” kata Hisdi. 

Komisaris Samuel Sekuritas, Evelyn Satyono, menyampaikan, Samuel Sekuritas akan mendukung lebih banyak lagi IPO di bidang industri kreatif. 

“Kami sangat mendukung pariwisata dan industri kreatif Indonesia, apalagi banyak sekali anak muda kreatif yang kita dukung sebagai salah satu captain market player di IDX,” kata Evelyn. 

Selain penandatanganan MoU, acara juga diisi dengan sesi analisis dan diskusi emiten pariwisata dan ekonomi kreatif (subsektor film).

Sesi tersebut dibawakan oleh Economic Adviser & Senior Economist PT Samuel Sekuritas Indonesia, Fithra Faisal Hastiadi; President Director Samuel Sekuritas, Hisdi Liem, Direktur MD Entertaiment, Priyadarshi Anand, dan Menparekraf Sandiaga. 

Turut mendampingi Menparekraf Sandiaga, pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf. 


I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RIKamis, 11 Juli 2024
875
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif