Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
SIARAN PERS : Kemenparekraf Dukung "Art Jakarta 2022" Perkuat Geliat Ekonomi Kreatif Tanah Air

SIARAN PERS : Kemenparekraf Dukung "Art Jakarta 2022" Perkuat Geliat Ekonomi Kreatif Tanah Air

0

SIARAN PERS

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Kemenparekraf Dukung "Art Jakarta 2022" Perkuat Geliat Ekonomi Kreatif Tanah Air 

Sebagai upaya mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja 

Jakarta, 25 Agustus 2022 - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung penyelenggaraan pekan seni rupa "Art Jakarta 2022" yang akan berlangsung pada 26 hingga 28 Agustus 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangannya, Kamis (25/8/2022), mengapresiasi ide dan gagasan serta konsistensi ajang Art Jakarta dalam menghadirkan ruang yang diharapkan dapat kian memicu inovasi, kreativitas, juga semangat pelaku kreatif tanah air dalam mengembangkan dan menghadirkan karya. 

"Kami sangat mengapresiasi hadirnya 'Art Jakarta 2022' yang menjadi bagian dalam satu semangat Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Seni sebagai media ekspresi, layak diapresiasi karena memberi nilai tambah dan mendorong perekonomian Indonesia agar bergulir ke arah yang lebih baik," ujar Menparekraf Sandiaga Uno. 

Art Jakarta merupakan pekan seni rupa internasional di Indonesia yang dimulai sejak 2009 dan telah menjadi salah satu barometer ekosistem seni rupa di kawasan Asia Tenggara. 

Selain sebagai ruang ekspresi dan apresiasi, kegiatan yang menghadirkan karya dari berbagai seniman terkurasi ini juga diharapkan dapat mendukung geliat ekonomi kreatif tanah air. 

Ekonomi kreatif dikatakan Sandiaga memiliki peranan besar dalam mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja. Berdasarkan data, nilai ekspor ekonomi kreatif cenderung stabil selama 2017-2020, namun mengalami peningkatan pada tahun 2021. 

Nilai ekspor ekonomi kreatif pada akhir tahun 2020 mencapai 18,78 miliar dolar AS dan meningkat di tahun 2021 menjadi 23,9 miliar dolar AS atau sebesar 10 persen dari total nilai ekspor nasional. Kontribusi ekspor ekonomi kreatif terbesar berasal dari komoditas fesyen sebesar 61,6 persen, 31,3 persen dari komoditas kriya, dan 6,9 persen dari komoditas kuliner.

"Seni rupa memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan terlebih Indonesia memiliki potensi sumber daya yang dapat menjadi inspirasi dan sumber kreativitas," kata Menparekraf Sandiaga. 

Pemerintah sendiri menargetkan mampu membuka 1,1 juta lapangan kerja baru di tahun ini dan 4,4 juta lapangan kerja tahun 2024 melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

"Mari kita dukung seniman Indonesia untuk terus berkarya dengan mengapresiasi karya mereka. Dan kepada seniman, terus semangat berinovasi dan berkreasi memanfaatkan peluang yang ada untuk membawa nama Indonesia semakin mendunia," ujar Sandiaga. 

Direktur Artistik Art Jakarta, Enin Supriyanto, mengatakan "Art Jakarta 2022" kembali dilaksanakan dengan sepenuhnya secara luring setelah dua tahun terakhir dilakukan secara hybrid karena pandemi COVID-19. 

Art Jakarta sempat melakukan shifting format pameran menjadi digital dalam judul Art Jakarta Virtual. Kemudian di awal tahun dengan gelaran pameran seni rupa berkonsep baru di ruang hijau terbuka Hutan Kota by Plataran, bertajuk Art Jakarta Gardens. Pameran ini sukses menghadirkan karya dari 20 galeri juga seniman terkemuka memajang karya terbaiknya, juga NFT Art, disaksikan hampir 10.000 pengunjung.

"Untuk Art Jakarta tahun ini, saya gembira dan optimistis acara ini terlaksana setelah dua kali tertunda akibat pandemi, juga karena rekanan kami, baik galeri, sejumlah badan usaha, maupun rekan- rekan seniman dan kolektor, semua bersemangat terlibat dan berperan serta. Ini membangkitkan semangat kita bersama. Terbukti bahwa ekosistem seni rupa kita punya daya tahan dan cepat bergiat kembali. Semoga semangat ini juga sampai kepada pengunjung umum, saat mereka menikmati dan mengapresiasi beragam karya seni rupa yang tampil di Art Jakarta kali ini," kata Enin Supriyanto. 


Berikut program-program menarik dalam "Art Jakarta 2022": 

1. Art Jakarta Galleries

Merupakan sajian utama dari Art Jakarta yang menghadirkan karya dari total 62 galeri seni, terdiri dari 39 galeri seni dari Indonesia, dan 23 galeri seni dari luar negeri (Asia Tenggara, Taiwan, Korea Selatan, dan Jepang). Art Jakarta juga akan menghadirkan galeri khusus untuk seniman muda dan baru berpartisipasi di Art Jakarta. 

2. Art Jakarta Spot

Art Jakarta Spot adalah platform untuk presentasi khusus instalasi seni yang dibuat sesuai dengan spesifikasi khusus pameran. Art Jakarta Spot akan menghadirkan 15 karya seni yang dikurasi, dipamerkan di area publik di dalam arena pameran. 

3. AJX

AJX merupakan inisiatif kolaborasi antara Art Jakarta dengan institusi serta swasta perusahaan dalam mempresentasikan koleksinya di Art Jakarta kepada khalayak yang lebih luas. Ini akan menjadi kesempatan bagi publik untuk melihat banyak karya seni untuk pertama kalinya. 

4. AJ1

AJ1 adalah bagian baru bagi galeri internasional untuk menyajikan pertunjukan solo yang dikurasi. Mengingat kesulitan bagi seniman internasional untuk menyesuaikan diri dengan normal baru, Art Jakarta menghadirkan AJ1 sebagai kesempatan untuk memfasilitasi kehadiran internasional yang lebih luas di Pameran. 

5. Bali Art Scene

Bali Art Scene adalah bagian baru yang didedikasikan untuk galeri seni dari Bali. Pulau Bali menjadi daerah paling terdampak pandemi selama beberapa tahun terakhir. Bali Art Scene adalah sorotan khusus bagi galeri seni untuk menghadirkan seniman kontemporer Bali.

6. Art Jakarta NFT

Art Jakarta NFT adalah bagian yang didedikasikan untuk seni NFT dan komunitas NFT. 

7. SCENE

SCENE adalah bagian untuk kolektif seniman dan nirlaba, termasuk yang berbasis di luar Jakarta, untuk menggalang dana untuk keperluan masing-masing. Nilai inti dari Art Jakarta adalah untuk mendukung inisiatif yang mungkin memerlukan format pendanaan kreatif, terutama yang berada di luar wilayah Jabodetabek. 

8. Art Jakarta Play

Art Jakarta Play adalah bagian yang dirancang untuk menyediakan taman bermain bagi anak-anak untuk mengasah mereka kreativitas, kepekaan, dan imajinasi melalui beragam kegiatan. 

9. Art Jakarta Talks

Sebuah platform untuk dialog antara para ahli, pengamat, seniman, kolektor, dan kurator, untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan mereka dengan audiens. Dengan mempresentasikan bagian-bagian tersebut, Art Jakarta bercita-cita untuk memperkuat fondasi dan landasan ekosistem seni rupa Indonesia dan memungkinkan seni berkembang secara global.

Untuk keterangan lebih lanjut dapat dilihat di www.artjakarta.com. 


I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kemenparekraf / Baparekraf
KemenparekrafKamis, 25 Agustus 2022
333
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif