Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Siaran Pers : Kemenparekraf Hadirkan 110 Event Unggulan dari Berbagai Daerah dalam KEN 2024

Siaran Pers : Kemenparekraf Hadirkan 110 Event Unggulan dari Berbagai Daerah dalam KEN 2024

0

SIARAN PERS

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF REPUBLIK INDONESIA

Kemenparekraf Hadirkan 110 Event Unggulan dari Berbagai Daerah dalam KEN 2024

Jakarta, 22 Januari 2024 – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) akan kembali meluncurkan Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 sebagai salah satu program unggulan sebagai daya tarik wisata yang diharapkan dapat mendorong minat kunjungan wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke berbagai daerah di tanah air.

“Program KEN 2024 akan diluncurkan secara resmi pada Sabtu (27/1/2024) di Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam "The Weekly Brief With Sandi Uno", Senin (22/1/2024).

Menparekraf mengatakan dalam program KEN tahun ini terdapat 110 event yang terdiri dari 100 event unggulan dan top 10 event.

 

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan kembali meluncurkan Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 sebagai salah satu program unggulan sebagai daya tarik wisata yang diharapkan dapat mendorong minat kunjungan wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke berbagai daerah di tanah air, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam "The Weekly Brief With Sandi Uno", Jakarta, (22/1/2024).

"Jadi kalau saya mau pilih 10 destinasi untuk berwisata di Indonesia Aja, ini sudah ada event-nya yang bisa saya kunjungi dan 100 (event) untuk sepanjang tahun. Jadi kalau mau healing yang enggak bikin kantong 'kering', yang bisa menghilangkan kepala pening, datanglah ke KEN untuk refreshing," kata Menparekraf Sandiaga.  

Plh Deputi Produk Wisata dan Penyelenggara Events Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Komang Ayu Astiti, mengatakan 110 event yang terangkum dalam KEN 2024 tersebar di seluruh provinsi tanah air.

"Event-event tersebut sudah terkurasi dari total 252 event yang diusulkan oleh pemerintah daerah," kata Komang.

Penyelenggaraan KEN 2024 diharapkan menjadi program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu khususnya untuk pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air.

"Karenanya kami mendorong agar pemerintah daerah dapat memetakan media sosial untuk memaksimalkan promosi secara digital agar cakupannya (promosi) lebih luas. Sehingga event-event ini menjadi daya tarik wisata sehingga kunjungan wisatawan benar-benar tertuju ke event-event ini," ujar Komang.

Ketua Pokja Strategi Promosi Event Daerah Kemenparekraf/Baparekraf, Eni Komiarti, mengungkapkan pada tahun 2023 secara keseluruhan program Karisma Event Nusantara (KEN) memberikan dampak positif terhadap pergerakan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Total pergerakan wisatawan selama KEN 2023 sebesar 7,4 juta dengan melibatkan 11 ribu pelaku UMKM, 140 ribu pelaku seni, dan menyerap 36 ribu tenaga kerja.

(Foto Ilustrasi Dok. Kemenparekraf)

"KEN 2023 juga melibatkan 800 asosiasi dan komunitas. Selain itu juga memberikan kontribusi sebesar Rp199,3 miliar untuk PDB dan perputaran uang yang ada di KEN 2023 mencapai Rp12,42 triliun," ujar Eni.

Untuk peluncuran program KEN 2024 di TMII, Eni mengatakan selain peluncuran secara resmi, Kemenparekraf juga akan menghadirkan KEN festival yang menggabungkan lima format kegiatan KEN terdiri dari budaya, karnaval, seni, musik juga kuliner. 

"KEN Festival ini akan berlangsung dari pukul 10.00 sampai 18.00 WIB di Sasono Utomo, TMII dan terbuka untuk umum," kata Eni.

 

I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Untuk informasi terkini terkait Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kunjungi

https://kemenparekraf.go.id/berita

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RISenin, 22 Januari 2024
2709
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif