Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Siaran Pers: Kemenparekraf Luncurkan Kampanye Gerakan “Kita Mulai Sekarang” Respons Isu Perubahan Iklim di Sektor Pariwisata

Siaran Pers: Kemenparekraf Luncurkan Kampanye Gerakan “Kita Mulai Sekarang” Respons Isu Perubahan Iklim di Sektor Pariwisata

0

SIARAN PERS

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF


Kemenparekraf Luncurkan Kampanye Gerakan “Kita Mulai Sekarang” Respons Isu Perubahan Iklim di Sektor Pariwisata 


Sebagai upaya bangkitkan ekonomi dan buka lapangan kerja


Jakarta, 8 Maret 2023 - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) kembali aktif berkontribusi terhadap penurunan emisi di dunia pada 2030 dan isu perubahan iklim di sektor pariwisata, sesuai dengan ketetapan Paris Agreement (2015), dengan meluncurkan Kampanye Gerakan “Kita Mulai Sekarang”.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam "Weekly Brief With Sandi Uno" yang berlangsung secara hybrid di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (13/3/2023) menjelaskan, langkah ini menjadi kampanye mitigasi dan adaptasi yang ditetapkan secara nasional. Hal ini juga mengacu pada RIPPARNAS 2010-2025, yaitu pembangunan kepariwisataan harus didasarkan pada prinsip bahwa pariwisata harus melindungi dan melestarikan lingkungan secara holistik.


“Gerakan ‘Kita Mulai Sekarang’ targetnya penurunan emisi karbon di sektor pariwisata bisa kita kurangi atau turun 50 persen di 2030 dan pada tahun 2045 sudah zero. Hal ini juga mengacu pada RIPPARNAS 2010 - 2025,” kata Menparekraf Sandiaga. 


Sementara itu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu, menambahkan, fokus pengembangan pariwisata Indonesia saat ini adalah mendorong pariwisata berkualitas dan berkelanjutan. 

Konsep kebersahabatan dengan alam dan lingkungan yang terjaga merupakan aset bagi pariwisata Indonesia untuk mendatangkan wisatawan dengan mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial-budaya, dan ekonomi saat ini dan masa depan. Wisata berkualitas berbasis alam dan petualangan menjadi sangat ideal berkembang pascapandemi.


“Kemenparekraf meluncurkan kampanye gerakan ‘Kita Mulai Sekarang’ yang ditujukan untuk wisatawan nusantara dan kampanye gerakan ‘Every Step Matters’ yang ditujukan untuk wisatawan mancanegara. Kampanye ini bertujuan untuk menyosialisasikan perubahan iklim dan dampaknya terhadap sektor pariwisata, serta menggerakan wisatawan untuk memulai aksinya sekarang, mulai dari diri sendiri, dan mulai dari hal kecil,” ujarnya.


Vinsensius mengatakan logo kampanye gerakan “Kita Mulai Sekarang” secara resmi telah diluncurkan. Dengan visualisasi jejak kaki dan paduan warna biru yang melambangkan dampak dari dekarbonisasi serta warna hijau mangrove yang merepresentasikan aksi dekarbonisasi melalui penanaman pohon.

“Harapannya mulai sekarang, kita semua dapat menggunakan logo ini bersama-sama sebagai bentuk dukungan dalam memerangi perubahan iklim di sektor pariwisata. Generasi muda akan diarahkan menjadi aktor utama kampanye “Kita Mulai Sekarang” dan “Every Step Matters”, dimana akan dipertegas juga dengan sub-campaign yang merupakan program turunan dengan pendekatan yang sesuai dengan psikografis audiens terkait pemahaman tentang isu keberlanjutan. Selain itu akan dilakukan terobosan komunikasi tentang isu keberlanjutan,” kata Vinsensius Jemadu.


Turut hadir dalam kesempatan tersebut secara daring maupun luring para pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf. 



I Gusti Ayu Dewi Hendriyani 

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RISelasa, 14 Maret 2023
3895
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif