Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Siaran Pers: Kemenparekraf Raih Dua Penghargaan dalam Anugerah Meritokrasi 2023

Siaran Pers: Kemenparekraf Raih Dua Penghargaan dalam Anugerah Meritokrasi 2023

0

SIARAN PERS

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Kemenparekraf Raih Dua Penghargaan dalam Anugerah Meritokrasi 2023

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kembali menerima penghargaan dalam Anugerah Meritokrasi 2023 yang diselenggarakan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) atas prestasinya dalam menerapkan sistem merit di lingkungan internal Kemenparekraf dan indeks kualitas pengisian JPT dengan predikat "Sangat Baik", Yogyakarta, (8/12/2023).

Yogyakarta, 8 Desember 2023 - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) kembali menerima penghargaan dalam Anugerah Meritokrasi 2023 yang diselenggarakan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) atas prestasinya dalam menerapkan sistem merit di lingkungan internal Kemenparekraf dan indeks kualitas pengisian JPT dengan predikat "Sangat Baik". Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam pernyataannya, Jumat (8/12/2023) menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang diraih tersebut. Pada kategori Penerapan Sistem Merit, Kemenparekraf berhasil mendapatkan nilai 330. Sementara kategori Indeks Kualitas Pengisian JPT dengan nilai 93,6.

Foto ilustrasi dok. Kemenparekraf

Menparekraf Sandiaga mengatakan nilai yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan yang dilakukan Kemenparekraf di tiap tahunnya. Karena pada 2022 Kemenparekraf mendapatkan predikat "Baik" dengan nilai 295 untuk Penerapan Sistem Merit dan predikat "Baik" dengan nilai 88,80 untuk Kualitas Pengisian JPT. "Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk mengedepankan meritokrasi dalam promosi dan rotasi bagi semua pegawai di lingkungan Kemenparekraf," kata Sandiaga. Dengan menerapkan sistem meritokrasi artinya instansi memberikan kesempatan yang sama kepada setiap insan di Kemenparekraf untuk berhasil tanpa memandang latar belakang tetapi berdasarkan prestasi dan kapabilitas yang dimiliki. Sehingga upaya ini akan membangun birokrasi yang netral dan tidak berpihak.

Ketua KASN, Prof. Agus Pramusinto, berpesan kepada para ASN agar bersikap waspada terhadap risiko peningkatan pelanggaran netralitas ASN selama tahun politik dan mengambil langkah-langkah mitigasi yang tepat. Agus juga mengajak para ASN untuk mempertahankan integritas, profesionalisme, dan netralitas. "ASN harus menjadi teladan, terutama menjelang pemilu serentak untuk menunjukkan pelayanan publik yang objektif, adil, dan bebas dari pengaruh politik," ujarnya.

Pada gelaran Anugerah Meritokrasi 2023 yang berlangsung di Yogyakarta, Kamis (7/12/2023), KASN memberikan penghargaan kepada 34 instansi pemerintah yang berhasil meraih kategori sistem merit “Sangat Baik” dan  96 instansi pemerintah yang masuk kategori “Baik”. Di samping itu, juga terdapat 13 instansi pemerintah yang mendapatkan apresiasi setelah berhasil menerapkan manajemen talenta dalam pengisian kursi jabatan pimpinan tinggi (JPT). 


I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RISabtu, 9 Desember 2023
1433
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif