Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Siaran Pers KTT AIS Forum 2023: Daftar Kepala Negara dan Delegasi yang Menghadiri KTT AIS Forum 2023

Siaran Pers KTT AIS Forum 2023: Daftar Kepala Negara dan Delegasi yang Menghadiri KTT AIS Forum 2023

0

SIARAN PERS

TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA KTT AIS FORUM 2023

No.54/SP/TKM-AISFORUM2023/10/2023

 

Daftar Kepala Negara dan Delegasi yang Menghadiri KTT AIS Forum 2023

Badung, 10 Oktober 2023 Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Negara-Negara Pulau dan Kepulauan atau Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 menjadi kontribusi Indonesia mengajak negara maritim menangani isu-isu global yang berkaitan dengan kelautan.

KTT AIS Forum 2023 berlangsung di Bali pada 10--11 Oktober 2023 dan menjadi wadah bagi Indonesia untuk menyumbangkan pemikirannya terkait solusi atas tantangan yang dihadapi negara pulau dan kepulauan.

Sejumlah pimpinan negara dijadwalkan hadir pada KTT AIS Forum di Bali, tercatat lima pimpinan tertinggi negara hadir langsung yaitu Presiden Micronesia, Perdana Menteri Niue, Perdana Menteri São Tomé and Príncipe, Perdana Menteri Timor-Leste, dan Perdana Tuvalu.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (baris pertama kedua kanan) didampingi (dari kiri) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, Kepala Perwakilan UNDP Indonesia Norimasa Shimomura, Wakil Perdana Menteri Tonga Samiu Kuita Vaipulu bersiap untuk berfoto bersama dengan menteri, duta besar dan perwakilan negara peserta saat Pertemuan ke-5 Tingkat Menteri AIS Forum di Nusa Dua, Bali, Selasa (10/10/2023). ANTARA FOTO/Media Center KTT AIS Forum 2023/Akbar Nugroho Gumay/pras. 

Sementara Fiji dan Tonga mengirimkan Deputi Perdana Menteri. Delapan negara mengirimkan menterinya yaitu Maladewa, Marshall Islands, Palau, Seychelles, Singapura, Solomon Islands, Sri Lanka dan Papua Nugini.

Sebanyak tiga negara mengirimkan pejabat setingkat Wakil Menteri atau Direktur Jenderal atau Sekretaris Jenderal yaitu Cabo Verde, Selandia Baru, dan Madagaskar. Kemudian 11 Negara mengutus Duta Besar yaitu Irlandia, Jepang, Siprus, Samoa, Malta, Inggris, Saint Lucia, Cook Island, Filipina, Suriname, dan Bahrain.

Sementara empat organisasi internasional yang mengirimkan perwakilannya adalah Kelompok Kerja Sama Negara Melanesia (MSG), Forum Negara Kepulauan Pasifik (PIF), Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN), dan Badan Program Pembangunan PBB (UNDP). (TR/Elvira Inda Sari)


***


Tentang AIS Forum:

Archipelagic and Island States (AIS) Forum adalah sebuah wadah kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan sedunia yang bertujuan memperkuat kolaborasi untuk mengatasi permasalahan global dengan empat area utama, yakni mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim yang baik. KTT AIS Forum diadakan untuk menguatkan peran AIS Forum sebagai pusat solusi cerdas dan inovatif, serta sebagai platform gotong royong dalam mendorong agenda masa depan tata kelola laut global.

 

Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

 

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo – Usman Kansong  (0816785320).

 

Dapatkan siaran pers, narasi, foto, dan video terkait KTT AIS Forum 2023 di https://s.id/aispedia

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/BaparekrafSelasa, 10 Oktober 2023
7740
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif