Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Siaran Pers :  Menparekraf: Beli Kreatif Sumatra Selatan Targetkan Ciptakan Banyak Lapangan Kerja Baru

Siaran Pers : Menparekraf: Beli Kreatif Sumatra Selatan Targetkan Ciptakan Banyak Lapangan Kerja Baru

0


Sebagai upaya mewujudkan 1,1 juta lapangan kerja baru dan berkualitas pada 2022 dan 4,4 juta lapangan kerja pada 2024


Palembang, 14 September 2022 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menargetkan lebih banyak peluang usaha dan lapangan kerja yang tercipta dari program Beli Kreatif Sumatra Selatan yang merupakan turunan dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).



"Kami mendorong terbukanya peluang usaha dan lapangan kerja baru yang lebih luas, karena UMKM terbukti mampu menciptakan 97 persen lapangan kerja kita," kata Menparekraf Sandiaga Uno saat peluncuran Beli Kreatif Sumatra Selatan di Griya Agung, Palembang, Rabu (14/9/2022) 


Dalam Beli Kreatif Sumatra Selatan, Kemenparekraf akan memberikan pendampingan berupa up skilling kepada 200 pelaku kreatif subsektor fesyen, kriya, dan kuliner yang sudah terkurasi di wilayah Sumatra Selatan.


Program pendampingan yang diberikan berupa pelatihan digital marketing terintegrasi, perluasan pasar ke dalam marketplace unggulan, literasi keuangan, bantuan layanan cuti bayar pajak, dan lainnya. Sehingga bisnis yang dijalankan pelaku ekraf Sumatra Selatan bisa lebih maju dan berkembang serta mendorong terwujudnya 1,1 juta lapangan kerja baru dan berkualitas di tahun 2022 dan 4,4 juta lapangan kerja baru dan berkualitas di tahun 2024.


"Saya berharap nanti ada 200 pelaku usaha kreatif di sini yang akan kita berikan pendampingan untuk siap-siap masuk ke dalam suatu tren pariwisata dan ekonomi kreatif yang lebih terdigitalisasi, berkualitas, dan berkelanjutan," kata Sandiaga.


"Juga saya berharap pada harvesting nanti muncul produk-produk baru. Karena selain dari peningkatan omzet, penyerapan tenaga kerja, perlu juga ada kolaborasi yang lebih masif. Mari dukung terus Gernas Bangga Buatan Indonesia dengan Beli Kreatif Sumatra Selatan," ujarnya.



Sejak Juni 2022, Kemenparekraf telah memulai program Beli Kreatif Sumatra Selatan, terutama untuk pengumpulan data dan kurasi, kemudian dilanjutkan dengan pendampingan mulai dari awal September hingga November 2022. Lalu perluasan akses pasar, hingga harvesting dimana akan diumumkan capaian target (jumlah on boarding dan transaksi) serta pemilihan champion dari seluruh peserta pada November 2022.


Sebagai bentuk aktivasi, Kemenparekraf bekerja sama dengan Summarecon Mall Serpong di Tangerang Selatan menyelenggarakan BKSS Fair pada 14-18 September 2022. Pameran ini menghadirkan produk fesyen, kriya, dan kuliner khas Sumatra Selatan. Khusus pada 16-18 September 2022, masyarakat dapat menikmati 6 ton pempek yang didatangkan langsung dari Palembang.


Selama dua tahun terakhir ini, Kemenparekraf berhasil mengimplementasikan Gernas BBI dengan baik, melalui program turunannya Beli Kreatif Lokal pada tahun 2020 dan Beli Kreatif Danau Toba pada tahun 2021. 


Kedua program ini tercatat tidak hanya mampu mendorong angka on boarding para pelaku kreatif, namun juga mampu meningkatkan omzet, penyerapan tenaga kerja, hingga penambahan jumlah reseller. Bahkan beberapa pelaku kreatif juga telah berhasil melakukan on boarding pada marketplace internasional.


Kesuksesan ini tentu saja tidak lepas dari kerja sama dari para pemangku kepentingan, baik dari kementerian/lembaga, BUMN, swasta hingga marketplace.


Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru menyambut baik program Beli Kreatif Sumatra Selatan untuk mendongkrak perekonomian wilayah Sumatra Selatan melalui pengembangan UMKM.


"Kehadiran Menparekraf beserta jajaran juga mudah-mudahan menambah semangat para pelaku ekonomi kreatif ini untuk semakin kreatif produknya, kreatif cara membelinya, ini yang kami harapkan," ujarnya.



Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Selatan Erwin Soeriadimadja mengucapkan terima kasih atas kepada Kemenparekraf yang telah memberikan ruang bagi Bank Indonesia dan pihak lain untuk turut berkontribusi memberi daya dukung pertumbuhan ekonomi daerah.


"Bagi kami Sumatra Selatan memiliki ciri khas dan budaya yang menjadi akar bagi tumbuhnya ekonomi kreatif dan hal tersebut perlu digarap sungguh-sungguh karena saat ini sektor ekonomi kreatif menjadi sektor yang happening dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi daerah. Karena itu kami mengapresiasi Menparekraf dan Wamenparekraf yang tidak pernah lelah menghidupkan ekonomi kreatif di Sumatra dan juga di seluruh Indonesia termasuk perhatiannya pada hari ini di Sumatra Selatan," kata Erwin.


Dalam Peluncuran Beli Kreatif Sumatra Selatan tersebut hadir pula Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo; Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani; Inspektur Utama Kemenparekraf/Baparekraf Restog Krisna Kusuma; Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenkomarves Odo RM Manuhutu; Walikota Palembang Harnojoyo; serta para pejabat daerah dan pelaku UMKM Sumatra Selatan.



I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kemenparekraf / Baparekraf
KEMENPAREKRAF/ BAPAREKRAF RIKamis, 15 September 2022
291
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif