Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Siaran Pers: Menparekraf Borong Produk UMKM di Pameran AKI 2023 Pangkalpinang Babel

Siaran Pers: Menparekraf Borong Produk UMKM di Pameran AKI 2023 Pangkalpinang Babel

0

SIARAN PERS

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Menparekraf Borong Produk UMKM di Pameran AKI 2023 Pangkalpinang Babel

Dalam upaya membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja

Pangkalpinang, 3 Juni 2023 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memborong sejumlah produk UMKM yang berpartisipasi dalam pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 pertama di Transmart Pangkalpinang, Bangka Belitung, Sabtu (3/6/2023).

Produk yang diborong pun beraneka ragam, mulai dari kriya, fesyen, hingga kuliner dari 27 peserta yang berpartisipasi dalam pameran AKI di Pangkalpinang. Usai berbelanja, Sandiaga mengatakan Pangkalpinang merupakan kota pertama dari 16 kota/kabupaten yang berpartisipasi dalam pameran AKI 2023. 

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno memborong sejumlah produk UMKM yang berpartisipasi dalam pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 pertama di Transmart Pangkalpinang, Bangka Belitung, Sabtu (3/6/2023).

"Jadi kita akan bergerak ke-16 kota di seluruh Indonesia dan kota-kota ini akan mewarnai kebangkitan (ekonomi) dan menjadi lokomotif dari kepulihan ekonomi kita semasa pandemi," kata Sandiaga.

Sandiaga mengungkapkan antusiasme ke-27 peserta pameran ini sangat besar. Hal ini terlihat dari keikutsertaan beberapa peserta yang berasal dari luar Bangka Belitung seperti Jambi, Padang, dan Pagaralam.

"Ini menunjukkan ekosistem ekonomi kreatif kita semakin kuat, sebagai bagian dari pencapaian target (penciptaan) pada 2024 yakni 4,4 juta lapangan kerja baru," katanya.

Menurut Sandiaga, produk-produk UMKM yang ada di Pangkalpinang patut dipasarkan ke pasar internasional. Sehingga, ia mendorong promosi dan pemasaran produk-produk tersebut melalui program "Indonesia Spice Up The World".

"(Produk) Bangka Belitung ini sangat bisa dibawa ke pasar internasional karena kita punya program ‘Indonesia Spice Up The World’. Jadi produk-produk ini bisa kita perkenalkan ke pasar internasional lewat program ini," kata Sandiaga.

Pameran ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Provinsi Bangka Belitung, Widya Kemala Sari; dan Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil.

I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RISabtu, 3 Juni 2023
1994
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif