Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
SIARAN PERS : Menparekraf Dorong Partisipasi Aktif Generasi Muda Wujudkan Visi Indonesia Emas 2045

SIARAN PERS : Menparekraf Dorong Partisipasi Aktif Generasi Muda Wujudkan Visi Indonesia Emas 2045

0

SIARAN PERS

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Menparekraf Dorong Partisipasi Aktif Generasi Muda Wujudkan Visi Indonesia Emas 2045 

Sebagai upaya mendorong kebangkitan ekonomi dan membuka lapangan kerja

Malang, 25 Oktober 2022 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong partisipasi aktif generasi muda dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. 

Menparekraf Sandiaga dalam sambutannya di acara Malang Entrepreneur Summit dengan tema “Muda, Berkarya, Berdampak”, Selasa (25/10/2022), di Universitas Muhammadiyah Malang Dome, menyampaikan Indonesia di tahun 2045 diproyeksi akan menjadi salah satu negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Salah satunya ditopang dengan adanya bonus demografi usia produktif sebesar 70 persen. 


Pada tahun 2045 Indonesia akan genap berusia 100 tahun alias satu abad. Di masa itu, Indonesia ditargetkan sudah menjadi negara maju dan sejajar dengan negara adidaya. 


“20 sampai 25 tahun lagi kita memasuki Indonesia Emas, ini adalah masa-masa yang sangat penting, siapa lokomotifnya? Kalian lah yang akan memasuki Indonesia Emas, saat kalian memasuki usia produktif,” kata Menparekraf Sandiaga Uno. 

Generasi muda merupakan aset bangsa yang berperan besar dalam memajukan kondisi perekonomian Indonesia. Generasi muda, kata Sandiaga, memiliki potensi idealisme yang menjadi harapan untuk memegang tongkat estafet kepemimpinan di masa depan dan mampu menyokong keberlangsungan ekonomi bangsa.


Oleh karenanya, Menparekraf mendorong agar generasi muda untuk selalu mengasah skill; learning skills, literacy skills, dan life skills. Saat ini juga tengah memasuki era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity), yang dimana membuat persaingan untuk memasuki dunia kerja semakin ketat. 


“Ini situasi yang sangat menghantui kita, nah untuk itu kita harus punya keterampilan untuk belajar, meningkatkan keterampilan, dan meningkatkan keterampilan hidup,” kata Menparekraf. 


Kemenparekraf menyiapkan berbagai program untuk melakukan percepatan pemulihan dan peningkatan produktivitas sektor parekraf melalui upskilling, reskilling dan new skilling, yang diharapkan mampu menciptakan peluang kerja dan peluang usaha bagi sumber daya manusia pariwisata dan ekonomi kreatif yang kompeten dan berkelanjutan.


“Kemenparekraf terus mendorong terciptanya wirausaha muda dan ekosistem digital melalui beberapa program seperti, Wirausaha Digital Mandiri (WIDURI) ekonomi kreatif, Santri Digitalpreneur Indonesia dan Temu Teman Insan Kreatif (TEMATIK),” kata Menparekraf. 

“Saya harapkan adanya kolaborasi dukungan seluruh pihak untuk berperan aktif dalam pemulihan ekonomi Indonesia. Saya yakin generasi muda mampu memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Indonesia, khususnya pembangunan parekraf dan ekonomi Indonesia," kata Menparekraf Sandiaga.  


Turut mendampingi Menparekraf, Direktur MICE Kemenparekraf/Baparekraf, Masruroh. Serta turut hadir Founder JAWARA; Founder Malang Cerdas, CEO Indonesia Medika, dr. Gamal Albinsaid; Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto; Ketua Komisi B DPRD Kota Malang, Trio Agus Purwono; Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Malang, Canggih Sakina Hans; Ketua PC Gekrafs Kota Malang, Alexander Soegio; serta Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Malang, Edy Wahyono. 


I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/BaparekrafSelasa, 25 Oktober 2022
517
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif