Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Siaran Pers: Menparekraf Dorong Pelaku Ekraf Kabupaten Berau Maksimalkan Media Digital dalam Memasarkan Produk

Siaran Pers: Menparekraf Dorong Pelaku Ekraf Kabupaten Berau Maksimalkan Media Digital dalam Memasarkan Produk

0

SIARAN PERS

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Menparekraf Dorong Pelaku Ekraf Kabupaten Berau Maksimalkan Media Digital dalam Memasarkan Produk


Berau, 3 Juli 2024 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku ekonomi kreatif khususnya di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur untuk dapat memaksimalkan platform media sosial dalam melakukan pemasaran produk sehingga memperkuat pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja terbuka makin lebih luas.

Menparekraf Sandiaga usai meninjau Mini Expo UMKM Kabupaten Berau, di Kediaman Bupati Berau, Rabu (3/7/2024), mengapresiasi kualitas dari 23 produk ekonomi kreatif yang dipamerkan mulai dari kuliner, kriya, fesyen. Namun di satu sisi, ada hal yang perlu ditingkatkan sebab perkembangan ekonomi saat ini telah memasuki era ekonomi digital.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat meninjau Mini Expo UMKM Kabupaten Berau, di Kediaman Bupati Berau, Rabu (3/7/2024).

"Tadi saya melihat sudah ada yang memakai instagram, namun hal ini perlu ditingkatkan mengingat banyak sekali tools yang bisa digunakan untuk memasarkan produk UMKM seperti Tiktok, YouTube. Tentunya dikemas dengan konten-konten yang menarik," kata Sandiaga.

Media sosial diyakini dapat memberikan peranan yang lebih besar dalam meningkatkan daya saing juga akses pasar dari produk-produk tersebut. 

Menparekraf Sandiaga menyampaikan pelaku ekonomi kreatif Kabupaten Berau dapat ikut serta dalam berbagai program pendampingan, pelatihan, hingga permodalan yang digagas oleh Kemenparekraf seperti Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) dan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif. Dua program ini merupakan program unggulan Kemenparekraf.

"Jadi kami memiliki program itu silakan Ibu Bupati memfasilitasi UMKM di Berau, nanti bisa kami berikan peningkatan dengan program pelatihan-pelatihan yang ada," ujar Sandiaga.

Dalam kesempatan itu, Menparekraf Sandiaga juga berharap branding "Lovely Berau" dapat terus diperkuat sekaligus melakukan upaya-upaya peningkatan kualitas dan aspek berkelanjutan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Berau. Karena dengan konsep ekonomi hijau, akan menjadi landasan pengembangan untuk kesejahteraan masyarakat.

"Banggalah memiliki Lovely Berau dan tingkatkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan, serta ekonomi kreatif yang inklusif dan menjadi lokomotif bagi pembangunan kita ke depan. Ekonomi kreatif ekonomi masa depan Indonesia," kata Sandi.

Hadir mendampingi Menparekraf Sandiaga, Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, Brigjen TNI Ario Prawiseso; Direktur Pengembangan Destinasi II Kemenparekraf/Baparekraf, Bambang Cahyo; dan Bupati Berau, Sri Juniarsih.


I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RIRabu, 3 Juli 2024
527
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif