Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Siaran Pers: Menparekraf: Kebijakan Visa On Arrival Batam dalam Tahap Finalisasi

Siaran Pers: Menparekraf: Kebijakan Visa On Arrival Batam dalam Tahap Finalisasi

0

SIARAN PERS 

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF 

Menparekraf: Kebijakan Visa On Arrival Batam dalam Tahap Finalisasi

Batam, 29 Juni 2024 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, saat ini kebijakan Visa on Arrival (VoA) di Kepulauan Riau bagi wisatawan mancanegara telah memasuki tahap finalisasi.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno beraama dengan Gubernur Kepulauan Riau, Anshar Ahmad Press Confrence terkait VoA di Southlink Country Club, Batam, Sabtu (29/6/2024).

"Setelah perjuangan yang cukup lama, sekitar dua pekan yang lalu saya telah menandatangani formulasi akhir yang akan disahkan melalui Peraturan Presiden terkait dengan kebebasan untuk regulasi bagi ekspatriat yang tinggal di Singapura dan kunjungan wisatawan," kata Menparekraf Sandiaga di Southlink Country Club, Batam, Sabtu (29/6/2024).

Menparekraf Sandiaga mengatakan skema VoA ini nantinya diberlakukan dengan dua jenis durasi, yaitu 30 hari dan tujuh hari. Untuk durasi 30 hari, wisatawan akan dikenakan tarif Rp500 ribu dan short term visa yang berlaku selama tujuh hari dikenakan tarif Rp100 ribu.

"Jadi nanti hasil akhirnya yang kita harapkan, untuk short term visa yang diajukan daerah sekitar 10 dolar AS itu juga sebagai rancangan untuk itu. Seandainya yang visa ini tidak dipertimbangkan. Maka rancangan kedua yang menjadi opsi," katanya.

Sementara itu, Gubernur Kepulauan Riau, Anshar Ahmad, mengapresiasi langkah-langkah yang ditempuh oleh Kemenparekraf untuk menyusun dan merealisasikan pemberlakuan VoA di wilayahnya. "Ini membangun atmosfer semangat teman-teman para pelaku pariwisata di Kepri agar jadi lebih semangat lagi," ujar Anshar

Dalam kesempatan ini Menparekraf Sandiaga didampingi Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekraf, Fransiskus Handoko. Turut hadir pula Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Guntur Sakti.


I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/ BaparekrafMinggu, 30 Juni 2024
480
Ā© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif