Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Siaran Pers: Menparekraf Luncurkan Buku Anugerah Desa Wisata Terbaik 2021

Siaran Pers: Menparekraf Luncurkan Buku Anugerah Desa Wisata Terbaik 2021

0

SIARAN PERS

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF


Menparekraf Luncurkan Buku Anugerah Desa Wisata Terbaik 2021

Jakarta, 26 Agustus 2023 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meluncurkan buku Anugerah Desa Wisata Terbaik 2021 yang disebutnya sebagai kenangan bagi sebuah perjalanan spiritual bagi dirinya sekaligus mempromosikan program pengembangan desa wisata.

Menparekraf Sandiaga di acara Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang digelar di Sasono Utomo Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (27/8/2023)

Menparekraf Sandiaga di acara Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang digelar di Sasono Utomo Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (27/8/2023) mengatakan, ada banyak hal yang didapatkan saat ia mengunjungi 50 lokasi anugerah desa wisata terbaik 2021. 

“Pada saat itu situasi pandemi dan desa wisata menjadi lokomotif perekonomian. Ternyata desa-desa wisata inilah para pemenang pandemi. Dan setelah pandemi, peningkatan kunjungannya luar biasa. Ada 30 persen kenaikan jumlah wisatawan yang berkunjung ke desa wisata,” katanya.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, saat itu pemerintah tidak memiliki banyak opsi. 

“Tapi ternyata 50 desa wisata ini yang mengubah paradigma pariwisata Indonesia ke depan lebih berkualitas lagi,” ujarnya.

Ia mengatakan, sampul buku ADWI 2021 memperlihatkan potret dirinya berlatar belakang Desa Wisata Wae Rebo di Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Sampul buku, ini salah satu gambar yang ikonik, Saya ke sana dari Labuan Bajo menuju Ruteng lalu tracking selama 2 jam untuk sampai ke Desa Wisata Wae Rebo.” katanya.

Di gambar tersebut, Menparekraf menggunakan sarung Khas Flores sambil meminum kopi. “Ada beberapa desa-desa wisata yang kita tampilkan, dan ini betul-betul perjalanan spiritual bagi saya,” katanya.

Setelah meluncurkan buku, Menparekraf juga melakukan lelang baju ADWI 2023 yang ia kenakan saat visitasi ke 30 desa wisata di tahun ini.

Baju ADWI yang dilelang adalah Baju Desa Wisata yang dikenakan saat visitasi ke Desa Wisata Iboih, Sabang, Provinsi Aceh. Baju tersebut terjual dalam lelang senilai Rp7,7 juta dan hasil lelang tersebut akan disumbangkan untuk pembangunan desa.

Turut hadir mendampingi Menparekraf Sandiaga, Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Sekretaris Utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Wayan Giri Adnyani; Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto; Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua; serta Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani. 



I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RISenin, 28 Agustus 2023
1649
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif