Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Siaran Pers: Menparekraf Pastikan Ekosistem Ekraf di Bali Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Siaran Pers: Menparekraf Pastikan Ekosistem Ekraf di Bali Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

0

SIARAN PERS

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Menparekraf Pastikan Ekosistem Ekraf di Bali Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Sebagai upaya membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja

Denpasar, 18 Juni 2023 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memastikan ekosistem ekonomi kreatif (Ekraf) di Bali berjalan baik sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan para pelaku ekraf dan masyarakat di Pulau Dewata.

Menparekraf Sandiaga Uno saat kegiatan Kelana Nusantara di Istana Taman Jepun Bali, Denpasar, Minggu (18/6/2023) mengajak para pelaku ekonomi kreatif untuk berkolaborasi, beradaptasi, dan berinovasi dalam satu ekosistem agar usaha mereka maju berkembang sehingga terbuka peluang usaha dan tercipta 4,4 juta lapangan kerja pada 2024.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat kegiatan Kelana Nusantara di Istana Taman Jepun Bali, Denpasar, Minggu (18/6/2023)

“Kita harus mampu menciptakan konten-konten kreatif karena 60 persen penjualan dari produk UMKM itu ditopang oleh konten-konten kreatif. Begitu kontennya kreatif, penjualannya akan naik, sehingga penghasilannya bertambah dan mampu membuka peluang usaha dan lapangan kerja,” katanya. 

Kota Denpasar dinilai sudah bisa ditingkatkan kelasnya menjadi UNESCO Creative City Network (UCCN). “Para pelaku ekraf ini juga nantinya akan menjadi bagian dari ekosistem ekonomi kreatif Kota Denpasar yang diharapkan akan menjadi bagian dari jejaring untuk UCCN,” ujarnya.

Untuk itu, kata Menparekraf Sandiaga, perlu ada program pelatihan, pendampingan, dan keberlanjutan program yaitu pemasaran dan pembiayaan yang hal ini harus dikolaborasikan dengan pemerintah daerah hingga pelaku industri kreatif di Bali. Program tersebut juga berlaku bagi Generasi Z yang saat ini mendominasi pasar di Tanah Air.

“Gen Z ini mayoritas pasar di Indonesia. Untuk itu kita harus paham betul apa yang disukai Gen Z seperti konten-konten hiburan, konten yang menginspirasi dan mengedukasi ini yang menjadi tantangan agar mereka mendapat lebih banyak viewers sehingga mampu meningkatkan penjualan mereka,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut hadir mendampingi Menparekraf Sandiaga, Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto dan Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf I Gusti Ayu Dewi Hendriyani.

I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RIMinggu, 18 Juni 2023
1551
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif