Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Siaran Pers: Menparekraf Raih ‘ITLS Awards 2023’ sebagai Tokoh Inspiratif Pengembang Pariwisata Berkelanjutan di Bali

Siaran Pers: Menparekraf Raih ‘ITLS Awards 2023’ sebagai Tokoh Inspiratif Pengembang Pariwisata Berkelanjutan di Bali

0

SIARAN PERS

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Menparekraf Raih ‘ITLS Awards 2023’ sebagai Tokoh Inspiratif Pengembang Pariwisata Berkelanjutan di Bali

Di tengah upaya membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja

Denpasar, 27 September 2023 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meraih penghargaan International Tourism Leaders Summit (ITLS) Awards 2023 - Circle Excellence of IHGMA Bali, dari Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) DPD Bali, sebagai tokoh inspiratif yang memberikan kontribusi positif bagi perkembangan dan kemajuan pariwisata berkelanjutan di Bali. 

Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf I Gusti Ayu Dewi Hendriyani mewakilkan Menparekraf Sandiaga Uno menerima penghargaan International Tourism Leaders Summit (ITLS) Awards 2023 - Circle Excellence of IHGMA Bali di Hotel Trans Sunset Road, Bali, Rabu (27/9/2023).

Menparekraf Sandiaga Uno dalam pernyataannya di Jakarta, Selasa  (26/9/2023), menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada IHGMA DPD Bali atas penghargaan yang dianugerahkan kepadanya. 

“Saya Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Acara ini akan menciptakan ruang untuk kolaborasi, dalam menjadikan pariwisata sebagai sektor unggulan dan berpengaruh,” kata Menparekraf Sandiaga. 

Menparekraf Sandiaga mengatakan industri perhotelan memainkan peran sentral dalam menciptakan pengalaman berwisata yang luar biasa. Oleh karena itu, persiapan sumber daya manusia yang terampil dan kompetitif menjadi sangat penting. 

“Kita dapat memastikan bahwa para pemimpin masa depan dalam industri perhotelan memiliki kompetensi yang diperlukan untuk mengatasi beragam tantangan. Mereka akan menjadi duta pariwisata yang andal, yang mampu menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi semua wisatawan,” kata Menparekraf Sandiaga. 

Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf I Gusti Ayu Dewi Hendriyani di Hotel Trans Sunset Road Bali, Rabu (27/9/2023).

“Saya selaku perwakilan dari Kemenparekraf atas nama pimpinan kami, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menghaturkan terima kasih atas penghargaannya yang diberikan, ini adalah event yang luar biasa, bagaimana kita menghargai setiap tokoh yang memang memberikan motivasi dan inspirasi bagi kita semua,” kata Dewi. 

Dewi menjelaskan dalam mencapai potensi penuh sektor pariwisata, diperlukan SDM yang berkualitas dan berdaya saing, terutama dalam hal kompetensi dan kesiapan ketika menghadapi berbagai perubahan yang signifikan, meliputi perkembangan teknologi, meningkatnya ekspektasi dan perubahan preferensi wisatawan, serta tantangan berkelanjutan yang berkaitan dengan masalah lingkungan.

“Oleh karena itu, penting bagi kita untuk bersinergi bersama dalam merancang strategi peningkatan kapasitas SDM yang efektif agar generasi pemimpin mendatang khususnya bagi industri perhotelan memiliki kompetensi yang komprehensif, sehingga mampu hadir sebagai pelaku utama bukan hanya sekadar menjadi penonton,” kata Dewi. 

International Tourism Leader Summit (ITLS) 2023 yang mengangkat tema Enhancing and amplifying the competency of future hospitality leaders: a comprehensive exploration ini merupakan event kedua sejak tahun 2022 yang diselenggarakan oleh IHGMA DPD Bali. 

Acara ini digelar di The Trans Resort Bali pada tanggal 26-27 September bertepatan dengan perayaan World Tourism Day. ITLS 2023 diikuti peserta sebanyak 675 orang terbagi menjadi 6 kelas master di bidang perhotelan. Diberikan anugerah juga bagi 8 peserta terbaik. 

ITLS Awards 2023 – Circle Excellence of IHGMA Bali ini juga diberikan kepada 12 tokoh inspiratif lainnya yang telah berkontribusi aktif dan positif bersama IHGMA DPD Bali dalam mewujudkan pariwisata berkelanjutan. 

Diantaranya, I Wayan Koster; I Putu Astawa; Tjokorda Bagus Pemayun; I Made Rentin; I Made Sudjana; Angkoso Soekadari; Alistair G. Speirs; Anak Agung Gede Rai; Anak Bagus Gede Satria Naradha; Ida Bagus Rai Budarsa; Bagus Salacca; dan Kelly Bencheghib.

Turut hadir, President IHGMA, I Gede Arya Pering Arimbawa; Ketua IHGMA DPD Bali, Yoga Iswara beserta jajaran dan perwakilan stakeholder parekraf di Bali


I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RIKamis, 28 September 2023
1654
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif