Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Destinasi Wisata di Jalur Mudik Lintas Selatan Jawa

Destinasi Wisata di Jalur Mudik Lintas Selatan Jawa

0

Lebaran selalu identik dengan cuti bersama yang lumayan panjang. Tak jarang, momen ini dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk mudik ke kampung halaman, sekaligus kumpul bersama keluarga besar saat Hari Raya Idulfitri. 

Namun menariknya, selain bertemu dengan keluarga, momen mudik lebaran juga bisa Sobat Parekraf jadikan sarana wisata singkat. Apalagi bagi Sobat Parekraf yang mudik melintasi Jalur Lintas Selatan Jawa. Sepanjang Jalur Lintas Selatan Jawa terdapat banyak destinasi wisata yang menarik untuk disinggahi.

Ada enam provinsi yang dilintasi rute mudik Jalur Lintas Selatan Jawa, yakni Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, hingga Jawa Timur. Berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata di sepanjang jalur mudik di Jalur Lintas Selatan Jawa yang bisa Sobat Parekraf singgahi:

Pantai Tanjung Layar

Salah satu pantai yang tak boleh Sobat Parekraf lewatkan saat memulai perjalanan dari Banten adalah Pantai Tanjung Layar. Berlokasi di Desa Sawarna, Bayah, Lebak, Pantai Tanjung Layar memiliki ombak khas Laut Selatan yang bergelora. Saking tingginya, ombak pantai mampu menghempas dinding batu karang dengan sangat cantik. 

Menjelang senja, Sobat Parekraf dapat menyaksikan semburat merah keemasan dengan latar belakang batu-batuan karang yang eksotis di Pantai Tanjung Layar. Sangat cocok bagi Sobat Parekraf yang ingin memanjakan diri sejenak saat baru tiba di Pulau Jawa dari Pulau Sumatera.

Baca Juga: Desa Wisata Cikolelet dan Sukarame Potensi Baru Pariwisata Banten 

Gedung Sate

Memasuki Jawa Barat, Sobat Parekraf bisa mampir melihat bangunan bersejarah di Kota Bandung, Gedung Sate. Destinasi wisata ini berada di Jalan Diponegoro, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung. Gedung Sate dibangun pada 1924, dan masih berdiri kokoh hingga sekarang. 

Selain menikmati keindahan arsitektur dari Gedung Sate, Sobat Parekraf bisa berkunjung ke dalam museum di dalamnya, serta melihat berbagai macam koleksi seni dan tahapan pembangunan Gedung Sate.

Di belakang Gedung Sate juga terdapat salah satu kuliner unik yang bisa Sobat Parekraf cicipi, yakni Sate Jando. Lokasinya hanya berjarak sekitar 260 meter dari Gedung Sate.

Foto: Megahnya Benteng Van Der Wijck di Desa Sidayu, Gombong, Kebumen (Shutterstock/ Dedygold)

Benteng Van Der Wijck

Selepas berburu kuliner di Bandung, Sobat Parekraf bisa melanjutkan perjalanan Jalur Lintas Selatan dari Jawa Barat ke Jawa Tengah. Melintasi Kabupaten Kebumen Sobat Parekraf bisa singgah sejenak melihat megahnya Benteng Van Der Wijck di Desa Sidayu, Gombong, Kebumen.  

Benteng Van Der Wijck adalah peninggalan kolonial Belanda yang dibangun pada abad ke 18 M. Berbeda dengan benteng peninggalan Belanda lainnya, benteng ini terbuat dari batu bata. Sehingga memberi kesan warna merah yang estetik. 

Selain menikmati keindahan arsitektur benteng, bagi Sobat Parekraf yang mengajak buah hati juga bermain wahana perahu angsa, mobil-mobilan, kincir putar, hingga kereta mini. Jadi anak tidak bosan selama perjalanan mudik.

Candi Prambanan 

Memasuki Yogyakarta, Sobat Parekraf akan melewati kawasan Candi Prambanan. Destinasi wisata populer di Yogyakarta satu ini merupakan kompleks candi Hindu terbesar di dunia, dan sudah ditetapkan sebagai sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage) oleh UNESCO.

Di dalam kompleks candi, Sobat Parekraf bisa berjalan kaki untuk mengabadikan momen dengan latar belakang rerumputan dan kemegahan Candi Prambanan. Kalau bosan berjalan kaki, Sobat Parekraf bisa menaiki mobil wisata untuk berkeliling menikmati pemandangan candi. 

Baca juga: Pasar Seni Kakilangit Sajikan Kuliner Jadul Khas Yogyakarta 

Taman Nasional Alas Purwo

Mendekati ujung Jalur Lintas Selatan Jawa, Sobat Parekraf akan memasuki provinsi Jawa Timur. Di provinsi paling ujung Pulau Jawa ini, terdapat salah satu destinasi wisata yang menyajikan sabana luas, yakni Taman Nasional Alas Purwo. Destinasi wisata ini berada Tegaldlimo, Purwoharjo, Banyuwangi. 

Taman Nasional Alas Purwo memiliki luas mencapai 43 ribu hektare, di sini Sobat Parekraf bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata yang masuk dalam kawasan Taman Nasional, yakni Sabana Sadengan, Pantai Pancur, Gua Istana, Pura Giri Selaka, hutan bambu, hingga hutan mangrove. Cocok banget dijadikan tempat istirahat sejenak sebelum meninggalkan Pulau Jawa.

Jadi, jangan lupa singgah sejenak untuk beristirahat sambil menikmati ragam pariwisata di Jalur Mudik Lintas Selatan Jawa, ya, Sobat Parekraf!

Cover: Keindahan Pantai Tanjung Layar di Banten (Shutterstock/ Galyna Andrushko)

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RIJumat, 31 Maret 2023
7077
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif