Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Siaran Pers: Kemenparekraf Ajak Wisatawan Berpartisipasi dalam Trail of The Kings Danau Toba

Siaran Pers: Kemenparekraf Ajak Wisatawan Berpartisipasi dalam Trail of The Kings Danau Toba

0

SIARAN PERS

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Kemenparekraf Ajak Wisatawan Berpartisipasi dalam Trail of The Kings Danau Toba

Jakarta, 15 Maret 2024 - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengajak wisatawan untuk berpartisipasi dan meramaikan event Trail of Kings di Danau Toba, Sumatra Utara (Sumut).

Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya secara daring, Jumat (15/3/2024) mengatakan event yang akan digelar pada 4-5 Mei 2024 di Waterfront Pangururan, Samosir, Sumatra Utara ini menjanjikan pengalaman trail running berlatar pemandangan indah Danau Toba. Event ini menjadi bagian dari rangkaian trail running kelas dunia, UTMB (Ultra Trail du Mont Blanc) seri dunia pertama yang digelar di Indonesia.

Kemenparekraf mengajak wisatawan untuk berpartisipasi meramaikan event Trail of Kings di Danau Toba saat acara Konferensi Pers Trail of Kings di Stadium Utama GBK, Jakarta, Jumat (15/3/2024).

"Kami mengajak para pelari trail dari seluruh Indonesia dan dunia untuk menjajal jalur yang luar biasa indah dan megah melalui partisipasi dalam 'Trail of The Kings (Zero Edition)'," kata Sandiaga.

Sementara itu dalam konferensi pers di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Jimmy Bernando Panjaitan mengatakan, acara ini ditargetkan mampu menjaring 1.500 peserta. Selain juga diharapkan mampu mempromosikan Danau Toba sebagai salah satu dari lima destinasi pariwisata super prioritas di Indonesia.

 

"Kami ingin mendorong Danau Toba ini sebagai lokasi event based tourism yang sifatnya harus ecogreen. Kami ingin mem-branding DPSP Danau Toba menjadi destinasi kelas dunia dengan event-event kelas dunia," kata Jimmy.

Oleh karena itu, Jimmy pun mengajak agar seluruh stakeholder untuk ikut menyukseskan event ini dan event-event berkelas internasional lain di Danau Toba. Sehingga, event-event tersebut bisa berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat di sekitar Danau Toba.

"Kami di BPODT dengan kerendahan hati sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk melaksanakan event ini," katanya.

Trail of The Kings (Zero Edition) yang bertajuk Live Your Legend ini terbagi atas empat kategori kompetisi, yaitu 5 kilometer, 10 kilometer, 27 kilometer, dan 50 kilometer. Pendaftaran peserta pun telah dibuka sejak 13 Maret 2024 di situs run.trailofthekings.id dan akan ditutup jika kuota peserta telah terpenuhi.

Konferensi pers ini juga dihadiri oleh Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf/Baparekraf, Florida Pardosi; Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang; dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatra Utara, Zumri Sulthony.

Hadir pula Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kemenkomarves, Kosmas Harefa; Plt. Deputi Bidang Revolusi Mental Kemenko PMK, Aris Darmansyah; dan Asisten Deputi Bidang Olahraga Masyarakat Kemenpora, Suyadi Pawiro.

 

I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

 

Untuk informasi terkini terkait Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kunjungi

https://kemenparekraf.go.id/berita

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RISabtu, 16 Maret 2024
1526
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif