Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Kesiapan Creative Hub Puncak Waringin Labuan Bajo Menyambut G20

Kesiapan Creative Hub Puncak Waringin Labuan Bajo Menyambut G20

0

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) bersama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) mempersiapkan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi salah satu lokasi side event menyambut Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2022. Salah satu lokasi side event G20 adalah Creative Hub Puncak Waringin Puncak Waringin, Kabupaten Manggarai Barat.

Dipilihnya Creative Hub Puncak Waringin sebagai lokasi side event G20 bukan tanpa alasan. Dengan menganut semangat Recover Together, Recover Stronger, Puncak Waringin menjadi simbol pusat kolaborasi dan sarana bertukar informasi antara pelaku ekonomi kreatif sekaligus mendorong multiplier effect ke sektor lainnya.

Dibangun di atas lahan seluas 1.700 meter persegi, Creative Hub Puncak Waringin terdiri dari dua bangunan utama. Pertama adalah Rumah Tenun dan kedua adalah Rumah Souvenir. 

Bagunan Rumah Tenun terdiri dari area kios kuliner, pameran, hingga berbagai workshop subsektor kriya. Sementara itu, Rumah Souvenir sebuah bangunan yang terdiri dari ruang pameran sekaligus menjual cinderamata karya pelaku ekonomi kreatif lokal.

Adanya Creative Hub Puncak Waringin sebagai lokasi side event G20 diharapkan menjadi stimulus sekaligus wadah mendukung para pelaku ekonomi kreatif di Labuan Bajo. Diharapkan juga Creative Hub Puncak Waringin dapat dipenuhi berbagai produk ekraf lokal berkualitas dan berdaya saing menyambut side event G20.

Dengan begitu, laju ekonomi di Puncak Waringin tumbuh menjadi lebih baik. Sehingga dapat menciptakan peluang usaha berkelanjutan bagi seluruh pelaku ekonomi kreatif dan mengoptimalkan potensi pariwisata yang autentik.

Persiapan Creative Hub Puncak Waringin Menyambut G20. (Foto: Wonderfulimage)

Kesiapan Creative Hub Puncak Waringin Menyambut G20

Demi lancarnya seluruh side event G20, kesiapan pelaku ekonomi kreatif di Creative Hub Puncak Waringin semakin ditingkatkan. Berbagai sarana dan prasarana di Labuan Bajo, khususnya Puncak Waringin, terus dibenahi agar wisatawan yang berkunjung merasa nyaman.

Salah satunya adalah penataan interior Creative Hub di Puncak Waringin, yang nantinya dapat lebih menonjolkan nilai kreativitas, estetika, serta kearifan lokal khas masyarakat Manggarai.

Kemudian, membenahi sekaligus meningkatkan jumlah hotel dan restoran untuk para wisatawan yang berkunjung. Setiap para pelaku ekraf juga mendapatkan pendampingan dalam mengembangkan tata kelola, peningkatan layanan, sekaligus pemasaran produk ekraf.

Di sisi lain, infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi semakin ditingkatkan. Sehingga jaringan internet dan komunikasi baik 4G maupun 5G dapat tersebar secara merata di berbagai titik lokasi wisata di Labuan Bajo.

Sementara dari sisi aksesibilitas bagi wisatawan juga semakin ditingkatkan. Seperti Bandara Komodo, Terminal Multipurpose Wae Kelambu, Jalan Lintas Utara Flores, dan shuttle bus.

Selain dalam bentuk sarana dan prasarana, ada beberapa event yang telah dipersiapkan dalam menyambut gelaran G20. Misalnya Flores the Singing Island, sebuah festival musik yang menonjolkan kekayaan musik Flores. Kemudian, ada Flores Writers Festival, acara yang melibatkan pegiat literasi dan budaya Flores.

Terakhir adalah Ideathon #RinduLabuanBajo atau dikenal dengan kompetisi ide. Event satu ini bertujuan untuk memberi solusi dalam mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Labuan Bajo.

Foto Cover: Lanskap Creative Hub Puncak Waringin Labuan Bajo. (Wonderfulimage)

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/ Baparekraf RISabtu, 5 Maret 2022
5709
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif