Penasaran sejarah Kemenparekraf? YukKlik Disini
Siaran Pers : Menparekraf Perkuat Ekosistem Ekraf di Tasikmalaya Lewat KaTa Kreatif

Siaran Pers : Menparekraf Perkuat Ekosistem Ekraf di Tasikmalaya Lewat KaTa Kreatif

0

SIARAN PERS

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Menparekraf Perkuat Ekosistem Ekraf di Tasikmalaya Lewat KaTa Kreatif

Percepat Kebangkitan Ekonomi dan Buka Lapangan Kerja

Tasikmalaya, 19 Juni 2022 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memperkuat ekosistem ekonomi kreatif di Tasikmalaya, Jawa Barat, melalui "Workshop KaTa (kabupaten/kota) Kreatif" sebagai upaya memperkuat kebangkitan ekonomi dan lapangan kerja. 

"Melalui pengembangan kabupaten/kota kreatif ini, jika kita ingin mengedepankan subsektor kriya, misalnya, harus dipastikan bahan bakunya itu tersedia. Inilah yang dari hulu ke hilir ingin kita hadirkan dalam ekosistem yang saat ini bisa kita lihat sedang kita bangun," kata Sandiaga Dalam Workshop KaTa Kreatif di Pendopo Bupati Tasikmalaya, Sabtu (18/6/2022).

Sandiaga mengatakan dengan terbentuknya ekosistem ekonomi kreatif, maka ekonomi dapat bangkit serta membuka peluang usaha dan lapangan kerja, khususnya bagi masyarakat Tasikmalaya. 

"(Ekosistem) ini juga bertujuan (untuk) menambah penghasilan masyarakat yang saat ini menghadapi kesulitan karena ekonomi semakin berat," katanya.

Terkait pemasaran produk pelaku ekonomi kreatif Tasikmalaya, Sandiaga mengungkapkan pihaknya akan membantu pemasaran produk-produk tersebut melalui gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. 

"Di mana 30 juta UMKM termasuk ke dalam platform dan onboarding sehingga pemerintah wajib membeli produk-produk UMKM ini karena masuk ke dalam E-katalog," ungkap Sandiaga 

Dalam Workshop ini, Sandiaga didampingi oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu; Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso; Tenaga Ahli Bidang Organisasi, Tata Laksana, dan Hubungan antar Lembaga, Bapak Noorhadi Sadli; dan Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto.

Turut hadir pula Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Mohamad Zen; dan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tasikmalaya, Bapak Nana Heryana.

I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RIMinggu, 19 Juni 2022
252
© 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif