Di Poltekpar Lombok, mahasiswa tidak hanya belajar soal pariwisata, tapi juga kepemimpinan
0
Bagikan

Di Poltekpar Lombok, mahasiswa tidak hanya belajar soal pariwisata, tapi juga kepemimpinan

Dalam wawancara RRI Pro2 Mataram Direktur Poltekpar Lombok Herry Rachmat Widjaja, M.M.Par, berbagi tentang prospek kerja di bidang pariwisata, keunggulan Poltekpar Lombok, serta peran penting alumni dalam industri pariwisata.

 

Menurut Herry, prospek kerja di bidang pariwisata sangatlah luas. Pada tahun 2021 dan 2022, Poltekpar Lombok telah menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk Pusat Kerja Khusus atau Career Expo. “Di tahun 2021 yang lalu kami memiliki peluang kerja sangat banyak. Ada 2500 lowongan pekerjaan, sedangkan 2020 alumni yang baru lulus ada 314 mahasiswa dan 2021 ada 341 mahasiswa. Sehingga peluang pekerjaan itu sangat terbuka luas bagi alumni Poltekpar Lombok, makanya setiap tahunnya Poltekpar Lombok menyelenggarakan kegiatan tersebut untuk menjembatani alumni Poltekpar Lombok untuk bekerja.” ujar Herry.

 

Herry menekankan bahwa Poltekpar juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi, kurang mampu, dan berprestasi kurang mampu. “Jadi ada 3 skema pemberian beasiswa kepada mahasiswa. Beasiswa diberikan setelah 1 semester kuliah di Poltekpar, pada semester 2 sampai selesai nanti itu diperhitungkan beasiswa mana yang harus diberikan kepada mahasiswa Poltekpar,” ujar Herry terkait penjelasan beasiswa.

 

Mahasiswa Poltekpar harus juga aktif terlibat dalam berbagai kegiatan yang terkait dengan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. “Bahkan mahasiswa Poltekpar Lombok juga pernah terlibat dalam acara MotoGP yang diadakan oleh pemerintah Indonesia,” ujar Herry.

 

Sementara itu, Afwan Abrory, mengungkapkan banyak manfaat yang diperolehnya selama menjadi mahasiswa Poltekpar Lombok. Afwan yang merupakan alumni Poltekpar Lombok tahun 2021, mendapatkan kesempatan untuk belajar di Republic Polytechnic di Singapura. “Di situ saya belajar leadership dan saya juga belajar tentang tourism. Selain student exchange, saya juga dapat mengenali kawan-kawan lokal saya, saya mengenal kawan-kawan asli Lombok saya sehingga multikulturalnya itu dapat,” ujar Afwan berbagi manfaat yang didapatkan di Poltekpar Lombok.

 

Afwan sendiri merupakan mahasiswa Poltekpar Lombok dengan jurusan Usaha Perjalanan Wisata. Sebanyak 70% praktiknya berfokus pada mempelajari bagaimana mengatur perjalanan wisata dan manajemen dalam industri pariwisata.

 

Ia juga berbagi pengalaman serunya di Poltekpar Lombok selama masa perkuliahan delapan semester. “Pengalaman serunya itu ada di field study atau studi lapangan, karena kami jurusan Usaha Perjalanan Wisata jadi tiap semester kami pergi menuju sebuah destinasi baru. Destinasinya itu ada Sumbawa, Bima hingga kita pergi ke pertukaran budaya yakni Toraja. Kami belajar bersama masyarakat lokal, filosofi lokal. Jadi bounding kami dalam satu kelas dan kampus itu sangat terjalin kuat,” ujar Afwan

 

Setelah lulus, ia pergi ke Timur Tengah dan bekerja sebagai quality control di bidang makanan dan minuman di salah satu perusahaan di Dubai. Afwan saat ini telah berhasil mengelola beberapa jenis usaha, seperti coffee shop dan usaha manufaktur yang memasok biji kopi ke beberapa hotel di Lombok melalui perusahaan bernama Inokulen. Ia juga memiliki usaha travel yang berbasis edukasi wisata di Lombok.

Dengan berbagai pengalaman dan keterampilan yang diperoleh selama kuliah di Poltekpar Lombok, alumni seperti Afwan Abrory berhasil meraih kesuksesan dalam industri pariwisata. Poltekpar Lombok terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan dan menghubungkan mahasiswanya dengan kesempatan kerja yang luas, sehingga mereka dapat berkontribusi dalam mengembangkan pariwisata di Indonesia.

Kemenparekraf / Baparekraf
Humas Poltekpar LombokRabu, 2 Agustus 2023
2145

Artikel Terkait

Poltekpar Palembang: Pilihan Menarik di Dunia Pendidikan Pariwisata
Poltekpar Palembang: Pilihan Menarik di Dunia Pendidikan Pariwisata
Kemenparekraf/ Baparekraf RI
Humas Poltekpar PalembangKamis, 3 Agustus 2023
Lulus Sekolah Langsung Siap Berwirausaha!
Lulus Sekolah Langsung Siap Berwirausaha!
Kemenparekraf/ Baparekraf RI
Humas Poltekpar PalembangRabu, 31 Mei 2023
Belajar Attitude dan Mengembangkan Skill? Di Poltekpar Palembang Aja.
Belajar Attitude dan Mengembangkan Skill? Di Poltekpar Palembang Aja.
Kemenparekraf/ Baparekraf RI
Humas Poltekpar PalembangRabu, 31 Mei 2023
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif