Beranda >> ragam ekonomi kreatif >> Aplikasi Editing Video di Smartphone untuk Pemula
banner foto

Aplikasi Editing Video di Smartphone untuk Pemula

Aplikasi

1

26 Juli 2021 oleh Kemenparekraf/Baparekraf RI
403
Bagi Anda yang gemar traveling dan berwisata ke berbagai destinasi wisata, mengabadikan momen dalam sebuah video adalah sebuah keharusan. Hal tersebut merupakan bagian dari dokumentasi perjalanan Anda yang dapat disimpan untuk dikenang, maupun untuk dibagikan melalui Youtube, Facebook, Instagram, Twitter, dan platform lainnya.
Saat ini, tidak perlu kamera profesional untuk merekam gambar berkualitas, cukup dengan smartphone para wisatawan dapat mengabadikan berbagai momen indah saat berlibur dengan kualitas yang mumpuni.
Di era teknologi yang semakin muthakir ini, terdapat berbagai platform berbagi video secara digital, sepeti Youtube yang kini di bawah naungan Google. Selain Youtube, platform media sosial juga semakin banyak mengembangkan fitur video di dalamnya, contohnya Instagram. Kalau dulu hanya dikenal sebagai media berbagi foto, saat ini Instagram tengah fokus mengembangkan fitur video seiring dengan hadirnya Instagram Reels.
Selain Instagram, media sosial yang sudah lebih dulu fokus dengan konten video juga kian diminati. Sebut saja TikTok dan Snack Video yang menampilkan video-video kreatif dari para penggunanya.
Hal ini pun berdampak pada meningkatnya jumlah penonton video di berbagai platform media sosial lainnya. Menurut data dari Marketing Craft, jumlah penonton video konten bersponsor di YouTube meningkat hingga 99%, jumlah views di Facebook meningkat 258%, dan retweet konten video di Twitter 6 kali lebih tinggi dibandingkan dengan tweet yang hanya menyertakan foto.
Melihat perkembangan tren video, secara tidak langsung mendorong penggunanya untuk berlomba-lomba menciptakan konten yang kreatif dan menarik. Bahkan saking kreatifnya, mereka bisa mengedit video langsung dari smartphone. Jelas hal ini juga menguntungkan bagi para pengembang aplikasi edit video di smartphone.
Hampir semua aplikasi videoo editing ditawarkan secara gratis, akan tetapi untuk mendapatkan berbagai fitur dan kelengkapan plug-in dan template editing, para penggunanya akan dianjurkan untuk beralih menggunakan aplikasi premium atau berbayar.  
Sebagai referensi, berikut beberapa aplikasi edit video populer di smartphone yang mudah digunakan:
Ilustrasi halaman antar muka sebuah aplikasi video editing di smartphone. (Shutterstock/Andrey Popov)
FilmoraGo
FilmoraGo adalah aplikasi editing video yang mudah digunakan dan cocok untuk pemula. Meskipun aplikasi gratis, FilmoraGo memiliki banyak fitur canggih untuk menciptakan video menarik sekaligus dapat membagikannya langsung ke media sosial dengan mudah dan cepat.
Kita bisa memangkas dan menggabungkan video dengan mudah. Bahkan kita bisa dengan mudah mengatur cepat-lambatnya pergerakan video, menyesuaikan kontras dan cahaya video, hingga menambahkan efek stiker dan gambar yang menarik.
InShot
Tidak kalah menarik, pilihan aplikasi editing video di smartphone yang bisa dicoba adalah InShot. Kita bisa mengunduh gratis melalui Play Store dan App Store. InShot memiliki fitur profesional unggulan di antaranya: memotong, menggabungkan, atau menghapus potongan video; mengatur kecepatan; melakukan transisi video; hingga menambahkan musik, video, teks, efek, hingga emoji yang menarik.
Salah satu keunggulan dari InShot adalah fitur layout yang stylish untuk edit foto, yang bisa di-upload langsung pada Instagram Stories.
Kine Master
Aplikasi editing video terpopuler selanjutnya adalah KineMaster. Tidak kalah menarik, ada banyak keunggulan yang ditawarkan aplikasi ini. Mulai dari fitur dasar seperti menggabungkan dan memotong video, tambahan efek musik, stiker, gambar, teks, hingga ada lebih dari 2.500 transisi yang bisa dipilih untuk mempercantik video yang dibuat.
PowerDirector
PowerDirector merupakan aplikasi edit video terbaik yang dilengkapi dengan berbagai fitur, mulai dari menambahkan musik, transisi, judul, efek, emoji, filter, hingga mengganti background sesuai keinginan kita.
Menariknya PowerDirector dapat menghasilkan kualitas video hingga resolusi 4K. Tidak heran kalau aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 juta kali di Play Store.
Adobe Premiere Rush
Aplikasi gratis untuk editing video selanjutnya adalah Adobe Premiere Rush. Walaupun tampilannya sangat profesional, namun penggunaan Adobe Premiere Rush tergolong mudah karena dilengkapi tools dan fitur yang sederhana untuk edit video di smartphone.
Adobe Premiere Rush memiliki fitur andalan berupa motion graphic template, yang berguna  untuk memberikan variasi transisi video, menambahkan musik, dan masih banyak lagi. Uniknya, kita dapat mengatur ukuran video sesuai dengan platform media sosial yang akan digunakan. Mulai dari portrait, landscape, suare, dan berbagai rasio lainnya.
Quik
Satu lagu aplikasi edit video yang bisa dipilih adalah Quik. Walaupun buatan GoPro, namun kita tetap bisa menggunakannya untuk mengedit video melalui smartphone Android maupun iPhone dan iPad.
Quik dilengkapi dengan berbagai preset yang menarik. Sehingga kita hanya perlu memasukkan potongan video dan memilih tema untuk mendapatkan efek, musik, dan transisi yang menarik.
Tips Kreatif Editing Video
Walaupun sudah dibantu aplikasi, tetap saja kita harus berpikir kreatif untuk menghasilkan video yang menarik. Bagaimana caranya?
1. Pilih tema unik dan menarik
Sebelumnya pastikan kita sudah memiliki rencana matang tentang video yang akan dibuat. Paling mudah tentukan tema yang menarik, atau topik yang sedang hangat dibicarakan. Setelah itu kita bisa perlu membuat video dengan alur yang menarik dan tetap fokus pada tema. Jangan lupa menambahkan objek pendukung agar video terlihat semakin menarik.
2. Siapkan perlengkapan tambahan
Karena menggunakan smartphone setidaknya siapkan tripod agar gambar video tetap stabil. Jangan lupa siapkan mikrofon eksternal agar suara video menjadi lebih jernih dan jelas.
3. Perhatikan framing gambar
Komposisi gambar yang tepat menjadi salah satu penentu video menarik atau tidak. Paling mudah jangan tempatkan obyek utama berada di pinggir frame karena yang membuat area kosong frame lebih banyak. Lalu, hindari background terlalu ramai dan bercorak karena dapat mengalihkan fokus penonton.
4. Editing
Apabila sudah mengambil beberapa potong video, tahapan selanjutnya editing menggunakan salah satu aplikasi edit video di atas. Usahakan volume background musik dan suara objek tidak bertabrakan karena agak mengganggu kenyamanan menonton.
Itulah beberapa aplikasi edit video, sekaligus tips kreatif menggunakannya. Jadi, sudah siap menjadi konten kreator di media sosial?
Foto Cover:  Ilustrasi merekam video saat berwisata menggunakan smartphone. (Shutterstock/Piotr Piatrouski)


Berita Terkait
rekomendasi berita

Transformasi Musik Dangdut dari Masa ke Masa

rekomendasi berita

Program Pengembangan Talenta Digital Kreatif di Indonesia

rekomendasi berita

Indonesia Bersiap Menjadi Destinasi Fashion Muslim Dunia