Beranda >> ragam ekonomi kreatif >> Rekomendasi Kuliner Ramah Vegetarian Khas Indonesia
banner foto

Rekomendasi Kuliner Ramah Vegetarian Khas Indonesia

Kuliner

0

9 Juni 2021 oleh Kemenparekraf/Baparekraf RI
254
Kuliner Indonesia tak melulu tentang daging, karena terdapat pula berbagai macam pilihan menu vegetarian. Menariknya, menurut data Oliver’s Travel yang diterbitkan dalam The Global Vegetarian Index, Indonesia merupakan salah satu negara terbaik untuk menikmati hidangan vegetarian.
Bahkan, dalam penelitian yang diikuti oleh 183 negara, Indonesia menduduki peringkat 16 dari 20 negara terbaik!
Maka tak heran jika kuliner vegetarian khas Indonesia juga menjadi daya tarik tersendiri. Berikut ini, rekomendasi kuliner vegetarian khas Indonesia.
Gudeg
Jangan melewatkan kuliner vegetarian satu ini jika mengunjungi Yogyakarta. Terbuat dari nangka muda yang direbus dengan santan dan gula aren membuat cita rasa gudeg sangat memanjakan lidah. Ditambah dengan bumbu pelengkap berupa bawang merah, bawang putih, biji ketumbar, dan rempah lainnya menciptakan rasa yang otentik.
Selain dilengkapi dengan ayam dan juga telur, untuk para vegetarian bisa menggantinya dengan lauk tahu dan tempe bacem, atau sayur tempe krecek. Perpaduan nasi putih panas, gudeg, tahu, dan sayur tempe akan menghasilkan rasa pedas manis yang lezat di lidah.
Gado-gado
Inilah salad khas Indonesia yang dibuat dari berbagai macam sayuran rebus: kentang, kecambah, bayam, kacang panjang, kol, hingga kacang panjang yang kemudian disiram dengan saus kacang yang nikmat.
Sebagai pelengkap, gado-gado disajikan dengan potongan lontong agar terasa lebih mantap. Untuk rasa jangan ditanya, perpaduan sayur rebus dan lontong yang disiram saus kacang pedas manis akan menghasilkan rasa gurih nan lezat.
Agar terasa lebih nikmat, kita bisa menikmati gado-gado dengan kerupuk emping yang terbuat dari biji melinjo. Sehat, lezat, dan mengenyangkan. Tak heran jika gado-gado menjadi salah satu kuliner vegetarian khas Indonesia yang sangat populer.
Pecel
Sekilas antara gado-gado dan pecel akan terlihat sama, karena bahan utamanya adalah sayuran. Namun kedua makanan vegetarian ini jauh berbeda.
Banyak ditemukan di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, pecel merupakan salah satu kuliner yang ramah bagi vegetarian. Pecel merupakan perpaduan kubis, kecambah, bayam, kangkung, timun, serta daun singkong yang direbus, dan disiram dengan saus kacang di atasnya.
Pecel akan terasa lebih lezat jika disantap dengan nasi putih hangat. Lalu, jangan lupa menambahkan peyek kacang, serta gorengan tempe atau bakwan sebagai pelengkap agar lebih nikmat.
Urap
Merupakan salah satu menu vegetarian khas Indonesia yang terbuat dari berbagai macam sayuran. Seperti kacang panjang, bayam, wortel, daun pepaya, dan tauge. Berbeda dengan gado-gado dan pecel, urap menggunakan parutan kelapa sebagai “sausnya”.
Perpaduan parutan kelapa yang disangrai dengan bawang merah, bawang putih, cabai, kencur, dan terasi memberikan rasa pedas gurih yang nikmat. Saat sayur dan kelapa tercampur di mulut, akan memberikan sensasi yang unik namun bikin nagih.
Sayur asem
Rekomendasi kuliner vegetarian khas Indonesia selanjutnya adalah sayur asem. Jauh berbeda dengan makanan sebelumnya, sayur asem disajikan dengan kuah yang sangat segar.
Makanan khas Jawa Barat ini terdiri dari kacang panjang, kacang tanah, jagung manis, melinjo, hingga labu siam. Dimasak dengan campuran asam jawa, jangan heran jika sayur asem memiliki kuah yang menyegarkan.
Agar semakin nikmat, kita dapat menambahkan beberapa lauk pendamping sayur asem yang pastinya cocok untuk vegetarian. Seperti tahu goreng, tempe goreng, dan sambal yang akan membuat sayur asem semakin nikmat berkali lipat.
Lontong sayur
Tak ketinggalan, rekomendasi kuliner vegetarian khas Indonesia selanjutnya adalah lontong sayur. Makanan ini terbuat dari nangka muda, labu siam, serta kacang panjang yang direbus dengan bumbu yang khas dari santan, cabai, dan berbagai rempah.
Biasanya, lontong sayur disajikan dengan ayam dan telur. Namun, sebagai vegetarian kita bisa menggantinya dengan tahu yang lembut atau potongan tempe yang lezat di dalamnya.
Perpaduan lontong, tahu, tempe, serta nangka muda menjadi salah satu makanan vegetarian yang lezat dan mengenyangkan. Oh iya, jika tidak ada lontong kita bisa menggantinya dengan ketupat.
Itulah rekomendasi kuliner vegetarian khas Indonesia yang sayang untuk dilewatkan. Selamat mencoba!
Foto Cover: Gudeg yang terbuat dari Nangka muda, merupakan sajian khas yogyakarta dan jawa tengah. (Shutterstock/EndwiaSS)


Berita Terkait
rekomendasi berita

Transformasi Musik Dangdut dari Masa ke Masa

rekomendasi berita

Program Pengembangan Talenta Digital Kreatif di Indonesia

rekomendasi berita

Indonesia Bersiap Menjadi Destinasi Fashion Muslim Dunia