Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Coral Island, Tak Sekadar Game Simulasi Pertanian

Coral Island, Tak Sekadar Game Simulasi Pertanian

0

Dari tahun ke tahun, subsektor ekonomi kreatif pengembang permainan terus bergerak ke arah yang positif. Terbukti dari banyak bermunculan game-game lokal terbaru yang berdaya saing global. Bahkan, game-game buatan Indonesia “membanjiri” platform cloud gaming Steam, dan mencatatkan nama Indonesia sebagai negara penyumbang game terbanyak di platform Steam.

Tak sekadar mendapat predikat “Terbanyak”, kualitas game-game lokal buatan Indonesia juga berhasil memikat para gamer dari seluruh dunia. Paling baru adalah masuknya game buatan Indonesia: Coral Island, sebagai salah satu finalis di ajang penghargaan game The Steam Awards 2023, dalam kategori “Sit Back and Relax Award” pada Desember 2023.

Bahkan, saat awal-awal pengenalan Coral Island, game buatan developer lokal asal Yogyakarta, Stairway Games ini berhasil masuk “Top 10 Seller” di Steam pada hari pertama Early Access (Oktober 2022).

BACA JUGA: Perkembangan Industri Gim di Indonesia, Raih Penghargaan Internasional 

Menjadi Petani ala Coral Island

Dirilis secara resmi pada 14 November 2023, Coral Island merupakan game simulasi yang bisa dimainkan di platform PC (Steam dan Microsoft Store), Xbox Series X/S, dan PlayStation 5. Dari segi alur permainan, Coral Island adalah game bergenre farming simulation alias simulasi pertanian.

Di dalam game Coral Island, kita sebagai karakter utama akan menjalani kehidupan dan beraktivitas sebagai petani, mulai dari bercocok tanam, beternak, menambang, hingga berinteraksi dengan NPC (non-player character).

Ilustrasi: Gameplay menarik dari game Coral Island (StairwayGames.com)

Serunya, game ini membebaskan kita untuk membuat kebun dan peternakan sendiri. Bahkan, Sobat Parekraf bisa menanam berbagai jenis tanaman buah dan sayur yang umum ditemui di kawasan Asia, hingga memelihara ternak seperti ayam, bebek, sapi, babi, hingga luwak. Nantinya, hasil pertanian dan ternak bisa dikonsumsi atau dijual ke NPC yang ada di game Coral Island.

BACA JUGA: Gim Lokal tentang Budaya Indonesia yang Mendunia 

Bisa Menyelam dan Memasak

Di dalam Coral Island terdapat beberapa area yang bisa Sobat Parekraf jelajahi, seperti Starlet Town, Stardew Valley, Story of Seasons: Friends of Mineral, dan Merfolk Underwater Village. Area-area tersebut membuat Coral Island tak sekadar menjadi simulasi pertanian saja, karena kita bisa mendesain rumah sendiri, berinteraksi dengan para NPC, hingga menjalin hubungan pernikahan dan memiliki anak.

Karakter yang ada di game lokal Coral Island ini terbilang sangat banyak dan lengkap. Karena total ada 73 karakter yang melengkapi berbagai area dengan fasilitas di game ini, mulai dari sekolah, pertokoan, museum, gua, pantai, hingga bawah laut.

Satu fitur menarik dari Coral Island yang harus Sobat Parekraf jajal, yakni fitur menyelam di laut. Kerennya lagi, saat menyelam di lautan kita bisa melakukan revitalisasi terumbu karang, dan membersihkan perairan dari sampah-sampah agar biota laut bisa hidup di habitatnya dengan baik. Bahkan, saat menyelam kita bisa mengunjungi Merfolk Underwater Village yang menjadi habitat para putra dan putri duyung.

Selain menyelam, di game Coral Island juga terdapat fitur memasak. Uniknya lagi, resep-resep yang bisa dimasak di game ini “Indonesia banget”. Karena kita bisa memasak sayur lodeh, lumpia, kue bulan, kue lapis, klepon, serabi, peyek, hingga bikin jamu!

Melihat banyaknya hal menarik dari game lokal buatan Indonesia ini tak mengherankan kalau Coral Island mendapat respon yang sangat baik dari para gamers dunia, ya, Sob? 

BACA JUGA: 10 Gim Horor Buatan Indonesia yang Seru dan Menegangkan 

Cover: Game Coral Island bukan sekadar simulasi pertanian (Edited/stairwaygames.com)

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RIMinggu, 18 Februari 2024
3310
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif