Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
6 Destinasi Pulau Terluar di Indonesia, Surga di Perbatasan

6 Destinasi Pulau Terluar di Indonesia, Surga di Perbatasan

0

Semangat nasionalisme dalam menyambut Hari Kebangkitan Nasional (20 Mei) tidak hanya dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di pulau-pulau besar di Indonesia saja. Nyatanya, semangat nasionalisme terus bergelora hingga pulau-pulau terluar di Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.

Mengutip dari laman Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Pulau-pulau Kecil Terluar (PPKT) adalah pulau-pulau kecil seluas kurang lebih 2.000 km persegi, dan memiliki titik dasar koordinat geografis yang menghubungkan garis pangkal laut kepulauan sesuai dengan hukum internasional dan nasional. Dengan kata lain, pulau terluar Indonesia masuk ke dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

Meski tergolong sulit dijangkau, ternyata hampir setiap destinasi pulau terluar Indonesia memiliki pesona keindahan alam yang tak patut dianggap remeh. Saking indahnya, pulau terluar kerap dianggap sebagai surga di perbatasan Indonesia. 

Berikut 6 destinasi pulau terluar di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya:

Pulau Natuna

Sampai saat ini, Pulau Natuna masih menjadi salah satu destinasi pulau terluar Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya. Bagian dari Provinsi Kepulauan Riau yang berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan, Pulau Natuna memiliki destinasi wisata yang eksotis. 

Jika ingin wisata pantai, Sobat Parekraf bisa mengunjungi Pantai Teluk Buton dan Pantai Sahi di Pulau Natuna. Kalau ingin island hopping, kita bisa mengunjungi Pulau Senua yang terkenal dengan pusat konservasi penyu dan wisata edukasi. Selain menikmati pemandangan pantai yang indah, kita juga berkesempatan snorkeling melihat ratusan terumbu karang yang masih terjaga dengan baik.

Pulau Marampit

Destinasi wisata pulau terluar Indonesia lainnya adalah Pulau Marampit, Sulawesi Utara. Memiliki luas 12 kilometer persegi, pulau yang berbatasan langsung dengan Filipina ini memiliki tiga kampung, yaitu Kampung Marampit, Kampung Laluhe, dan Kampung Dampulis. 

Meski berada di ujung Indonesia, potensi wisata Pulau Marampit tidak patut dipandang sebelah mata. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pulau terluar satu ini. Mulai dari wisata pantai seperti menyelam dan jelajah pulau, melihat langsung flora dan fauna endemik, hingga wisata sejarah mengunjungi benteng karst peninggalan Kerajaan Bantek.

BACA JUGA: Desa Wisata Nagari Sijunjung Sumbar Masuk 75 Besar ADWI 2023

Foto: Keindahan pesisir di Pulau Rote yang berbatasan dengan Samudera Hindia (Shutterstock/PapaNoah)

Pulau Rote

Selanjutnya adalah Pulau Rote, pulau paling terluar Indonesia terletak di Perairan Laut Sawi, dan berbatasan dengan Samudera Hindia di sebelah selatan. Dikenal sebagai pulau paling selatan Indonesia, Pulau Rote identik dengan pantai-pantai yang tiada dua. 

Salah satunya adalah Pantai Nemberala. Pantai berpasir putih ini menjadi destinasi wisata incaran wisatawan yang hobi berselancar. Pasalnya, spot berselancar terbaik di Pulau Rote ini memiliki gulungan ombak setinggi 7 meter yang menantang.

Apabila mencari pantai yang tenang, Pantai Telaga Nirwana adalah pilihan yang tepat. Primadona di Pulau Rote ini terkenal dengan aliran air yang tenang dan sejernih kristal. Sehingga, sangat cocok untuk menenangkan pikiran sambil bermain kayak. 

Pulau Miangas

Destinasi pulau terluar Indonesia yang terletak di perbatasan antara Indonesia dan Filipina berada di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud. Adalah Pulau Miangas, pulau terluar yang berada di bagian wilayah darat Indonesia paling utara.

Pulau yang terkenal dengan sebutan “Palmas” ini memiliki banyak destinasi wisata pantai yang asri. Salah satunya adalah Pantai Merra, pantai indah di Miangas yang terkenal dengan pasir putih halus dan air laut yang menyegarkan. Karena lokasinya tersembunyi, kebersihan pantai masih sangat terjaga dengan baik. 

BACA JUGA: Lokasi Sport Tourism Ini Menggunakan Nama Selebritis Indonesia 

Pulau Weh

Kalau Pulau Miangas adalah pulau terluar Indonesia di paling utara. Kali ini, kita akan jalan-jalan ke pulau terluar yang terletak di ujung barat Indonesia, yakni Pulau Weh. Terkenal sebagai “Surga di Ujung Barat Indonesia”, banyak potensi wisata di pulau utara Aceh ini. 

Sebagai pecinta sunrise, Sobat Parekraf bisa mengunjungi Pantai Iboih untuk menenangkan diri sambil menikmati keindahan matahari terbit yang memukau. Kita juga bisa menikmati batuan alam yang eksotis dengan pasir putih keemasan yang berkilau indah. 

Kalau ingin menjelajahi bawah laut, bisa mengunjungi surga snorkeling di Pantai Sumur Tiga. Hanya berjarak 10 menit dari Kota Sabang, pantai ini menawarkan keindahan bahari dengan lingkungan yang masih asri dan alami. 

Pulau Liki

Satu lagi destinasi wisata pulau terluar Indonesia yang tidak kalah menawan adalah Pulau Liki. Pulau terluar Indonesia yang berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik ini terkenal dengan keindahan bawah laut yang sangat eksotis. 

Saat pertama kali tiba, Sobat Parekraf akan disambut dengan pasir pantai putih bersih, dengan air laut jernih yang bergradasi. Saking jernihnya, kita bisa melihat biota laut dengan mata telanjang. Menariknya, wisatawan juga bisa melihat gerombolan lumba-lumba yang kerap muncul pada pagi hingga siang hari. 

Itulah 6 pulau terluar Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya. Jadi, tertarik mengunjungi pulau yang mana, Sobat Parekraf?

BACA JUGA: 4 Diving Spot Rekomendasi di Tanah Air 

Cover: Pulau Natuna yang berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan (Shutterstock/Fajar_HM)

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RIJumat, 5 Mei 2023
104789
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif