Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
6 Venue Konser Terbaik di Indonesia, Tak Hanya di Stadion

6 Venue Konser Terbaik di Indonesia, Tak Hanya di Stadion

0

Tidak sedikit yang mengira, kalau stadion menjadi satu-satunya venue konser musik yang paling memadai. Memang tidak sepenuhnya salah, namun sebenarnya masih banyak venue konser musik terbaik dan populer di Indonesia, Sobat Parekraf!

Sekadar mengingatkan, konser musik menjadi ajang mempromosikan Indonesia ke masyarakat luas, sehingga dapat mendatangkan lebih banyak wisatawan mancanegara ke Indonesia. Itu mengapa, konser musik termasuk salah satu event MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) yang memberikan pengaruh besar dalam membangkitkan perekonomian nasional. 

Tren konser musik di Indonesia tidak melulu diselenggarakan di stadion. Justru, saat ini semakin banyak konser musik yang digelar di berbagai venue terbuka. Bahkan, tidak sedikit konser musik yang digelar di berbagai tempat wisata di Indonesia, lo! 

Lantas, di mana saja venue konser musik terbaik di Indonesia yang terkenal unik?

JIEXPO Kemayoran

Selain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran menjadi salah satu venue konser musik yang populer di Jakarta. Kerennya, venue konser yang dapat menampung 5.000 hingga 12.000 penonton ini sudah menjadi tempat langganan promotor musik menyelenggarakan konser dan festival musik.

Beberapa konser dan festival musik yang pernah digelar di JIEXPO Kemayoran, antara lain: Java Jazz Festival, Synchronize Fest, Pestapora, serta yang terbaru konser musik Maliq & D’Essentials dan Tulus. 

Ecopark Ancol

Ancol juga menjadi venue konser musik langganan. Tak hanya di pinggir pantai, salah satu kawasan di Ancol yang kerap menjadi tempat konser musik adalah Ecopark Ancol.

FYI, Ecopark Ancol merupakan salah satu ruang terbuka hijau di Jakarta yang menggabungkan konsep wisata edukasi dan green-lifestyle. Menawarkan lahan terbuka dengan udara segar, tidak heran jika banyak konser dan festival musik yang menjadikan Ecopark Ancol sebagai venue andalan. 

Salah satu event festival musik yang akan diselenggarakan di Ecopark Ancol adalah The Sound Project Vol.6: Heaven of Music yang akan digelar pada 11-13 Agustus 2023. 

BACA JUGA: Kemenparekraf Dukung Hammersonic Festival 2023 di Pantai Karnaval Ancol Jakarta 

Foto: Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali, jadi tempat konser paling asyik (Shutterstock/Marc Venema)

Garuda Wisnu Kencana

Selalu menjadi tempat perhelatan event-event besar dunia, tidak heran jika Bali dikenal sebagai destinasi MICE internasional. Salah satu venue yang sering digunakan sebagai event-event berskala internasional adalah Garuda Wisnu Kencana (GWK).

Destinasi yang pernah dipakai untuk Gala Dinner pemimpin-pemimpin dunia saat KTT G20 pada November 2022 lalu ini sudah menjadi langganan venue konser musik berskala internasional. Beberapa konser musik yang pernah diselenggarakan di kawasan patung budaya satu ini adalah festival EDM terbesar di Asia Tenggara, yaitu Djakarta Warehouse Project (DWP) dan Soundrenaline.

BACA JUGA: Bali Masuk 10 Destinasi Terpopuler Dunia Versi Tripadvisor Ungguli London dan Paris 

Lokananta

Tak hanya di Jakarta, Solo juga punya venue konser musik terbaik dan unik, yakni Lokananta. Bagi Sobat Parekraf yang belum tahu, Lokananta Solo adalah studio rekaman musik pertama dan terbesar di Indonesia.

Awalnya, Lokananta hanya menjadi museum yang menyimpan berbagai koleksi rekaman, termasuk salah satunya suara asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Namun, setelah direvitalisasi, Lokananta Solo memiliki wajah baru yang lebih segar bagi pecinta musik.

Tak hanya menjadi museum, Lokananta Solo menjadi sentra kreativitas dan venue konser musik yang populer di Solo. Satu event musik yang baru saja diselenggarakan adalah “Festival Lokananta 2023” yang dihadiri lebih dari 20 musisi lokal papan atas. 

Candi Prambanan 

Belum lama ini, Prambanan Jazz 2023 sukses diselenggarakan selama enam hari di kawasan Candi Prambanan. Kesuksesan Prambanan Jazz menjadi bukti jika konser musik juga bisa diselenggarakan di berbagai destinasi terpopuler di Indonesia, tak melulu harus di stadion.

Menjadikan kawasan Candi Prambanan sebagai venue konser adalah pilihan yang tepat. Perpaduan keindahan warisan budaya dan seni musik, memberikan pengalaman nonton konser musik yang berbeda. Sehingga, diharapkan dapat mempromosikan kebudayaan Indonesia, sekaligus meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan Candi Prambanan. 

BACA JUGA: Destinasi Wisata Indonesia yang Pernah Jadi Lokasi Syuting Film Hollywood 

Tebing Breksi

Selain Candi Prambanan, Tebing Breksi juga menjadi salah satu venue konser yang cukup populer. Salah satu konser musik yang pernah diselenggarakan di Tebing Breksi adalah JogjaROCKarta. 

Terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Tebing Breksi menawarkan pengalaman nonton konser musik yang unik. Kawasan Tebing Breksi memiliki panggung terbuka dengan latar belakang tebing bebatuan menjulang tinggi. 

Saat malam hari, pancaran lampu panggung akan menyinari setiap bagian tebing. Sehingga, membuat corak tebing terlihat lebih “hidup” dan artistik. Bahkan, karena lokasinya berada di ketinggian, Sobat Parekraf bisa melihat gemerlap cahaya lampu kota yang indah. 

Kira-kira, venue konser musik mana yang pernah Sobat Parekraf datangi?

Foto: Ilustrasi nonton konser jazz di JIEXPO Kemayoran (Shutterstock/Kamar Mini)

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RIMinggu, 2 Juli 2023
6449
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif