Beranda >> ragam pariwisata >> 7 Destinasi Wisata Unggulan di Bulukumba yang Wajib Dikunjungi
banner foto

7 Destinasi Wisata Unggulan di Bulukumba yang Wajib Dikunjungi

Destinasi Wisata

0

8 Oktober 2021 oleh Kemenparekraf/Baparekraf RI
56
Berbicara tentang Bulukumba, tentu pikiran kita langsung tertuju pada salah satu ikonnya, yaitu kapal pinisi. Sebuah kapal yang dibuat secara manual dan masih tradisional memakai tenaga manusia.
Selain dibuat secara manual, proses pembuatan kapal pinisi di Bulukumba juga harus melewati proses panjang, mulai dari tahap memilih kayu besi, pemotongan, hingga pembentukan interior. Sehingga, setidaknya dibutuhkan sekitar 1-2 tahun untuk membuat satu kapal pinisi sampai selesai.
Menariknya, setiap bagian kapal pinisi memiliki makna yang cukup mendalam. Dua tiang utama di kapal pinisi contohnya, yang melambangkan dua kalimat syahadat. Sedangkan tujuh tiang lainnya menjadi simbol surat Al-Fatihah.
Memiliki sejarah panjang, tradisi, dan makna yang mendalam, tidak heran jika UNESCO menetapkan Kapal Pinisi sebagai warisan budaya tak benda dunia pada 2017 silam.
Namun, selain identik dengan kapal pinisi yang ikonik, Bulukumba juga dipenuhi berbagai tempat wisata yang menarik dan populer. Bahkan, kepopuleran destinasi wisata di Bulukumba telah berhasil menarik perhatian wisatawan dalam dan luar negeri.
Lantas, apa saja pilihannya? Berikut destinasi wisata di Bulukumba yang wajib dikunjungi:
Pantai Panrang Luhu
Bisa dibilang, Sulawesi Selatan adalah “gudangnya” pemandangan cantik, salah satunya Pantai Panrang Luhu di Bulukumba. Pasir putih, air laut yang jernih, serta pohon kelapa yang berjejer cantik adalah perpaduan lengkap untuk menikmati pemandangan indah yang memanjakan mata.
Lokasi Pantai Panrang Luhu sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan matahari terbit tanpa terhalang apapun.
Pantai Apparalang
Destinasi wisata di Bulukumba berikutnya adalah Pantai Apparalang. Keunikan dari Pantai Apparalang adalah dikelilingi oleh tebing karang yang berpadu dengan hutan hijau di sekitarnya. Keindahan Pantai Apparalang bisa dilihat dari air laut yang memiliki 4 gradasi warna: putih, biru muda, biru tua, hingga tosca yang seakan memberikan efek menenangkan.
Bagi yang ingin sedikit memacu adrenalin, bisa menjajal terjun dari tebing karang, dan menikmati keindahan bawah laut di Pantai Apparalang. Tanpa perlu menyelam terlalu dalam, karena kita akan langsung disambut ikan dan terumbu karang yang menawan di Pantai Apparalang.
Pantai Liukang Loe
Keindahan pantai di Bulukumba memang tiada duanya, begitu juga Pantai Liukang Loe bak surga bagi para pecinta keindahan bawah laut. Pasalnya, keindahan terumbu karang dan ekosistem bawah laut di Pantai Liukang Loe masih sangat terjaga.
Selain itu, di Liukang Loe juga terdapat penangkaran penyu. Berbeda dengan lainnya, di sini wisatawan bisa mendapatkankan informasi tentang penyu, melepas tukik ke lautan, hingga kesempatan berenang bersama penyu.
Lanskap Tanjung Bira, salah satu pantai primadona di Sulawesi Selatan. (Foto: Shutterstock/Sony Herdiana)
Tanjung Bira
Salah satu primadona di ujung selatan Sulawesi, yaitu Pantai Tanjung Bira. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Tanjung Bira. Mulai dari snorkeling menikmati surga bawah laut, atau hanya sekadar berjemur di bawah sinar matahari sambil menikmati hembusan angin dan deburan ombak yang menenangkan.
Namun, keunikan Tanjung Bira tidak hanya sampai di situ. Tanjung Bira juga menjadi rumah pembuatan kapal tradisional khas Sulawesi Selatan, kapal pinisi. Jadi kita bisa melihat langsung ketelitian dari para pengrajin kapal pinisi dari dekat.
Pantai Samboang
Wisata pantai di Bulukumba yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Pantai Samboang. Sangat menarik, karena tidak jauh dari Pantai Samboang terdapat pulau kecil yang bisa kita didatangi melalui jembatan sepanjang 20 meter.
Tak kalah eksotis dari pantai lainnya, Pantai Samboang dikelilingi hamparan pasir putih dan air laut biru yang jernih. Panorama Pantai Samboang juga sangat menawan, karena memiliki lekukan bibir pantai yang landai, serta terumbu karang yang indah dan terjaga kelestariannya.
Puncak Pua Janggo
Cukup berbeda dengan lainnya, tempat wisata di Bulukumba satu ini berada di Puncak Pua Janggo. Di sinilah tempat terbaik bagi wisatawan yang ingin melihat kawasan Bulukumba dari berbagai sudut.
Karena lokasinya tidak jauh dari Pantai Bira, di sini wisatawan bisa menikmati keindahan hamparan pasir putih pantai dan birunya air laut. Ditambah lagi, kita bisa menikmati udara sejuk sekaligus melihat hamparan hutan yang masih hijau dan asri.
PLTB
Sulawesi Selatan dikenal sebagai provinsi dengan hamparan kincir angin. Benar saja, pasalnya di sini kita bisa melihat dua Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) berkapasitas besar.
Lokasi baling-baling raksasa yang berada di tengah padang sabana dan berlatar pegunungan hijau yang asri, menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung. Untuk menikmati pemandangan yang lebih eksotis, disarankan mengunjungi PLTB saat sore hari menjelang matahari terbenam, ya!
Nah, itulah beberapa destinasi wisata menarik di Bulukumba yang wajib dikunjungi. Yuk, liburan ke Sulawesi Selatan!
Foto Cover: (Shutterstock/Fakhri Anindita)


Berita Terkait
rekomendasi berita

Tawangmangu Destinasi Herbal Tourism Indonesia

rekomendasi berita

7 Destinasi Wisata Unggulan di Bulukumba yang Wajib Dikunjungi

rekomendasi berita

Potensi Wisata di Pulau Bintan, Primadona Kepulauan Riau