Beranda >> ragam pariwisata >> Virtual Tour, Alternatif Berwisata di Tengah Pandemi COVID-19
banner foto

Virtual Tour, Alternatif Berwisata di Tengah Pandemi COVID-19

Wisata Daring

3

17 Maret 2021 oleh Kemenparekraf/Baparekraf RI
8254
Rindu liburan, dua kata tersebut mungkin ada di benak banyak orang selama pandemi COVID-19. Namun karena kita dituntut untuk selalu beradaptasi dengan keadaan, maka rindu liburan rasanya dapat diobati tanpa menghiraukan pandemi yang belum berakhir. Pasalnya kita tetap bisa berlibur ke mana saja tanpa harus meninggalkan rumah, melalui virtual tour (tur virtual).
Tentu saja ini adalah inovasi yang menarik, mengingat pariwisata di Indonesia mengalami penurunan selama adanya pandemi. Pemanfaatan platform digital untuk memajukan sektor pariwisata Indonesia ini pun, telah mendapatkan dukungan langsung dari Kemenparekraf/Baparekraf.
Singkatnya, virtual tour adalah konsep baru untuk berlibur di tengah pandemi. Kita dapat menjelajahi berbagai destinasi wisata menarik di Indonesia hanya berbekal gawai pintar, dan jaringan internet dari rumah.
Selain menawarkan keindahan dan keunikan dari setiap destinasi secara virtual, kita juga bisa belajar tentang destinasi yang dikunjungi. Virtual tour dilengkapi virtual tour guide yang menjelaskan dengan cukup detail objek yang dikunjungi.
Menariknya, virtual tour di tengah pandemi COVID-19 menjadi tren baru berlibur sekaligus saran hiburan. Berdasarkan data yang dikeluarkan perusahaan pionir penyelenggara tur virtual, Autorin, menyebutkan bahwa peminat wisata virtual terus meningkat. Bahkan sejak Juli hingga September 2020 sudah lebih dari 900 wisatawan virtual menjelajahi destinasi wisata di Indonesia.
Treasure Bay Lagoon di BIntan, dapat dinikmati dalam virtual tour pada situs www.indonesia.travel
Virtual Tour Gratis Kemenparekraf/Baparekraf
Saat ini banyak penyedia platform tur atau wisata virtual. Salah satunya virtual tour yang digelar Kemenparekraf/Baparekraf dengan mengangkat tema “Surga yang Tersembunyi”.
Dalam virtual tour tersebut Kemenparekraf/Baparekraf bekerja sama dengan Traval.co dan Caventer, untuk memperkenalkan 10 Desa Wisata yang memiliki budaya dan keindahan alam luar biasa.
Desa wisata yang diangkat tentu saja dipilih berdasarkan keunikan dalam segi geografis, budaya, hingga aktivitas atau pengalaman yang masih jarang diketahui.
Virtual tour diunggah pada akun YouTube resmi Pesona Indonesia pada 30 Januari 2021 hingga 28 Februari 2021 secara gratis. Beberapa desa wisata yang bisa dikunjungi secara virtual adalah:
  1. 1.Desa Pulau Baguk, Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil
  2. 2.Desa Belibak, Kepulauan Anambas
  3. 3.Desa Karangduwur, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah
  4. 4.Desa Wisata Nanas Madu Pemalang, Jawa Tengah
  5. 5.Desa Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
  6. 6.Kawasan Kabola, Pulau Alor
  7. 7.Desa Aisandami, Teluk Wondama, Papua Barat
  8. 8.Desa Bajo Mola, Wakatobi, Sulawesi Tenggara
  9. 9.Desa Ngilngof, Kepulauan Kei, Maluku Tenggara
  10. 10.Desa Sebujit, Bengkayang
Dikemas dengan cara yang berbeda, tentunya virtual tour menjadi kesempatan bagi kita mengenal desa wisata di seluruh penjuru Indonesia, dan mengetahui keunikannya masing-masing. Bahkan mungkin destinasi yang belum sempat terpikirkan untuk dikunjungi.
Sebelumnya, Kemenparekraf/Baparekraf dan Traval.co telah sukses mengadakan dua virtual tour. Pertama adalah “Traval Virtual Heritage” pada 26 September - 25 Oktober 2020, dan “Traval Live: Virtual Indonesia” pada 7 November - 29 November 2020 secara gratis.
Tidak hanya itu saja, melalui laman resmi Indonesia.Travel, kita juga dapat melakukan “jalan-jalan” virtual. Bahkan, bisa melihat langsung Indonesia lebih nyata dengan adanya fitur video dan foto 360 derajat.
Kita dapat memilih dan langsung berkeliling berbagai destinasi wisata yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Mulai dari Banyuwangi, Bali, Jakarta, Yogyakarta, Wakatobi, Gunung Bromo, Raja Ampat, dan masih banyak lagi.
Selain itu, masih ada banyak platform yang dapat digunakan untuk melakukan virtual tour.  Salah satunya adalah situs Indonesia.Travel yang merupakan situs promosi milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Pada situs Indonesia.Travel para wisatawan dapat mengeksplorasi keindahan destinasi wisata di Indonesia secara virtual, menggunakan foto dan video 360 derajat yang dapat digunakan menggunakan kacamata khusus virtual reality (VR).
Selain itu, ada juga beberapa situs lain yang menawarkan virtual tour, seperti Indonesia Virtual Tour, Traveloka, dan lain sebagainya dengan beragam destinasi wisata.
Menariknya, setelah melakukan virtual tour kita akan sadar bahwa banyak destinasi wisata menarik di Indonesia yang belum dikunjungi secara “offline”. Nah, pada tur virtual ini sebenarnya adalah kesempatan kita mengenal lebih baik lagi destinasi wisata keren di seluruh Indonesia. Yuk, kita jalan-jalan virtual!
Foto Cover: Tangkapan layar perkebunan teh di Ciwidey, Bandung Selatan yang dinikmati melalui virtual tour pada situ www.indonesia.travel


Berita Terkait
rekomendasi berita

5 Destinasi Wisata Alam Populer di Papua

rekomendasi berita

6 Desa Wisata Peninggalan Megalitikum

rekomendasi berita

Relaksasi Diri di Perkebunan Teh Malino Highlands Makassar