Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
GP Mandalika 2023 Siap Digelar, Begini Persiapannya

GP Mandalika 2023 Siap Digelar, Begini Persiapannya

0

Pesona Mandalika tak sekadar keindahan alam dan budaya yang masih terus menjadi daya tarik wisata saja. Beberapa tahun belakangan, kawasan Mandalika yang terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini juga dikenal sebagai salah satu destinasi sport tourism kelas dunia. Hal ini tak bisa dilepaskan dari hadirnya Mandalika International Street Circuit yang telah menjadi tuan rumah ajang balap kelas dunia, satu di antaranya adalah ajang balap MotoGP.

Tahun ini, GP Mandalika akan digelar pada tanggal 13-15 Oktober 2023, atau menjadi seri ke-16 dari  ajang MotoGP 2023. Berbagai persiapan pun mulai dilakukan pihak penyelenggara, MGPA dan Dyandra&Co., dalam menyambut event balap motor kelas dunia ini. Terkini, persiapan terlihat dari pengecatan ulang bagian kerb (pinggiran lintasan), dan pemasangan sensor plus timing system.

Tak hanya itu, bagian aspal di Sirkuit Mandalika juga terus diperhatikan dan dilakukan perbaikan pada beberapa titik di lintasan, yakni antara tikungan 5 dan 6, serta 16 dan 17. Proses pengaspalan ulang telah mendapat homologasi Grade A dari Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM), yang artinya Sirkuit Mandalika layak menggelar ajang balapan kelas dunia MotoGP.

Sekadar informasi, saat ini Sirkuit Mandalika menggunakan Asphalt Concrete Wearing Course (ACWC) Modified, yang sedikit berbeda dengan jenis aspal tahun lalu: Stone Mastic Asphalt. Penggantian jenis aspal ini dinilai cocok karena menyesuaikan dengan cuaca panas yang kerap menerpa kawasan Mandalika.

BACA JUGA: 5 Cenderamata Khas Mandalika, dari Kain Tenun Hingga Perhiasan 

Apa yang Baru di GP Mandalika?

Selain dari sisi persiapan sirkuit, ada beberapa hal baru yang diberikan promotor dalam ajang GP Mandalika 2023. Satu yang menarik adalah Tribun Khusus bagi Fans “Baby Alien” Marc Marquez. Nantinya para fans Marc Marquez dapat menempati “Grandstand J” dengan paket eksklusif yang berisikan: bendera dan topi official bertuliskan 93, akses langsung ke rest area bar dan tempat penjualan merchandise, serta hiburan khusus.

 Foto: Sirkuit Mandalika menjadi salah satu sirkuit terindah di dunia (Shutterstock/raditya)

Sekadar informasi, area tribun “Grandstand J” di Sirkuit Mandalika merupakan tempat menonton balapan MotoGP paling strategis. Pasalnya, area ini berada di tikungan pamungkas, yakni tikungan ke-17 atau tikungan sebelum garis finis di Sirkuit Mandalika. Keuntungan lainnya, ada juga potongan harga tiket sebesar 10% bagi para penggemar yang terdaftar di "We Are 93".

Dari segi tiket, penjualan tiket sudah dimulai sejak 2 September 2023, dan menurut data per akhir September sudah lebih dari 11 ribu tiket MotoGP Mandalika yang terjual, atau sekitar 15% dari kuota tiket yang disediakan promotor. Harga tiket MotoGP Mandalika sendiri bervariasi, mulai dari Rp200.000 hingga Rp20 juta, dengan kategori mulai dari General Admission, Regular Grandstand, Premium Grandstand, Premiere Class, dan Deluxe Class.

BACA JUGA: Storynomics Tourism dari 5 Destinasi Super Prioritas 

Kesiapan dalam menyambut GP Mandalika tidak hanya soal tiket dan sirkuit yang bersolek saja. Penerbangan menuju Bandara Internasional Lombok juga akan ditambah guna mengakomodir kunjungan wisatawan yang ingin datang menyaksikan langsung GP Mandalika 2023. 

Total ada penambahan 18 penerbangan menuju Lombok yang telah diajukan ke pihak Angkasa Pura I, dengan rincian 14 penerbangan dari maskapai Garuda, dan 4 penerbangan maskapai Citilink. Penambahan penerbangan di Bandara Internasional Lombok didominasi rute Jakarta-Lombok, Surabaya-Lombok, dan Denpasar-Lombok.

Diharapkan gelaran balap MotoGP Mandalika 2023 dapat mendongkrak pariwisata di Lombok. Sehingga target 8,5 juta wisatawan mancanegara dan 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara dapat tercapai.

Cover: Salah satu tikungan di Sirkuit Mandalika (Shutterstock/chairul manek ismail)

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RISelasa, 3 Oktober 2023
15720
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif