Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
KEN 2023: Beragam Event Budaya di Kalimantan Juni 2023

KEN 2023: Beragam Event Budaya di Kalimantan Juni 2023

0

Rangkaian event dan festival dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2023 terus bergulir. Sepanjang bulan Juni 2023 ini ada banyak event berskala nasional hingga internasional yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Termasuk di Pulau Kalimantan, yang dikenal dengan keberagaman budaya yang khas.

Hadirnya KEN 2023 ditujukan untuk menarik kunjungan wisatawan ke setiap daerah di Indonesia, baik itu wisatawan mancanegara maupun nusantara. Diharapkan, rangkaian event dan festival yang masuk ke dalam Karisma Event Nusantara 2023 dapat mendorong tercapainya target 8,5 juta kunjungan wisatawan mancanegara, 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara, dan membuka 4,4 juta lapangan kerja. 

Bagi Sobat Parekraf yang mau merencanakan libur yang berbeda dengan melihat langsung ragam budaya khas Kalimantan, tak ada salahnya menyaksikan event KEN di Kalimantan sepanjang bulan Juni 2023 di bawah ini:

Festival Loksado

Salah satu festival Karisma Event Nusantara di Kalimantan yang menarik disaksikan langsung pada Juni 2023 ini: Festival Loksado. Bisa dibilang, festival ini cukup unik dan berbeda dari event budaya di Kalimantan lainnya.

Festival Loksado menawarkan kompetisi bamboo rafting, atau arung jeram dengan rakit bambu tradisional khas Kalimantan Selatan: lanting paring. Dalam festival ini puluhan lanting paring akan mengarungi Sungai Amandit, di Kabupaten Hulu Sungai. Festival Loksado yang akan digelar pada 2-4  Juni 2023 ini juga akan menampilkan pertunjukkan kurung-kurung, atau alat musik dari kayu panjang khas suku Banjar.

Tak hanya Festival Loksado yang jadi daya tarik wisata, Kabupaten Hulu Sungai juga punya pesona wisata alam lainnya, seperti Bukit Langara dan Air Terjun Haratai. Di Bukit Langara Sobat Parekraf bisa menikmati pemandangan alam Desa Loksado dan bentang alam Pegunungan Meratus dari ketinggian.

Festival Saijaan 

Karisma Event Nusantara di bulan Juni 2023 paling ditunggu di Kalimantan adalah Festival Saijaan, tepatnya festival ini akan digelar di Kalimantan Selatan. Rangkaian festival ini digelar dari tanggal 1-6 Juni 2023 di tiga tempat, yakni Bukit Mamake SJA Hills, Pantai Gedambaan, dan Panggung Akrab Siring Laut. Tepatnya berada di Pulau Laut Utara, Kotabaru, Kalimantan Selatan. 

Tahun ini, Festival Saijaan mengusung tema “Magic from The Sea”. Menjadi salah satu daya tarik pariwisata di Kalimantan Selatan, Festival Saijaan menghadirkan beragam pentas seni dan budaya masyarakat khas Kalimantan Selatan, khususnya di Kotabaru. Mulai dari lomba perahu hias, atraksi budaya Titi Tali, lomba seni dan olahraga tradisional, dan pertunjukan musik dari band Kotak.

Selain mengikuti melihat rangkaian Festival Saijaan, Sobat Parekraf juga bisa mengunjungi Pantai Siring Laut. Menjadi ikon wisata di Kotabaru, di pantai ini ada dua menara ikan todak yang menjadi ciri khasnya. Di sini Sobat Parekraf bisa mencicipi berbagai olahan hidangan laut segar, seperti ikan baramundi, kakap, dan gurame. 

BACA JUGA: KEN 2023: 7 Festival yang Paling Ditunggu di Bulan Mei 

Foto: Pertunjukan seni dalam gelaran Balikpapan Fest (Indonesiatravel)

Balikpapan Fest 

Event budaya di Kalimantan Juni 2023 selanjutnya adalah Balikpapan Fest. Rencana event ini akan digelar pada tanggal 30 Juni hingga 3 Juli 2023, di BSCC Dome dan Gedung Kesenian Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Event budaya yang rutin digelar setiap tahunnya ini bertujuan untuk menghidupkan ruang terbuka hijau, serta menjadi wadah bagi insan kreatif di Kalimantan.

Tahun ini, Balikpapan Fest 2023 mengusung tema “Cultural Diversity in Nusantara”, dengan tujuan menggali dan mengangkat keberagaman budaya di Kalimantan, khususnya di Balikpapan. Terdiri dari rangkaian event yang panjang, Sobat Parekraf bisa menikmati pertunjukan seni tradisional, teater, hingga orkestra. 

Usai menonton rangkaian event budaya Kalimantan dalam Balikpapan Fest 2023, jangan sampai kelewatan wisata di sekitar lokasi event. Berjarak sekitar 1,5 km atau 5 menit dari BSCC Dome, Sobat Parekraf bisa mengunjungi Taman Tiga Generasi Balikpapan. Taman kota ini menawarkan wahana bermain dan gazebo untuk bersantai. Selain itu ada juga Pantai Auri Sepinggan, yang jaraknya sekitar 5 km dari BSCC Dome yang bisa Sobat Parekraf kunjungi.

Nyobeng Dayak Bidayuh 

Festival budaya di Kalimantan yang tak kalah menarik untuk disaksikan langsung adalah Nyobeng Dayak Bidayuh. Festival budaya ini rencananya akan digelar dari tanggal 15 Juni 2023 di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Nyobeng Dayak Bidayuh merupakan sebuah ritual adat yang ditujukan untuk menghormati roh para leluhur yang konon menghuni hutan dan gunung.

Rangkaian ritual adat dimulai dengan memandikan Tengkorak Kayaw peninggalan leluhur, jimat, dan benda-benda pusaka lainnya yang disimpan di Rumah Adat Baluk. Sedangkan untuk menyambut para tamu dan wisatawan, tetua adat dari Desa Hlibuei dengan melakukan teriakan-teriakan perang, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan seekor anjing dan ayam ke tamu. Selanjutnya, wisatawan diajak menari bersama mengelilingi Desa Hlibuei.

Setelah melihat langsung budaya Nyobeng, Sobat Parekraf juga bisa melihat keindahan alam yang dimiliki Kabupaten Bengkayang, salah satu Air Terjun Riam Merasap. Area perbukitan dan air terjun yang tidak begitu curam, cocok untuk digunakan berenang dan lepas penat. 

Itulah ragam event budaya di Kalimantan pada bulan Juni 2023 yang masuk dalam Karisma Event Nusantara. Bagaimana, tertarik melihat keunikan budaya Kalimantan secara langsung, Sob?

BACA JUGA: 6 Desa Wisata di Kalimantan: Punya Daya Tarik yang Khas 

Cover: Rakit lanting paring akan mengarungi Sungai Amandit di Festival Loksado (Indonesiatravel)


Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RIJumat, 2 Juni 2023
4716
© 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif