Ingin tahu soal 5 Destinasi Super Prioritas,klik di sini ya!
Oceanman Bali 2022, Kompetisi Renang di Perairan Terbuka Skala Internasional

Oceanman Bali 2022, Kompetisi Renang di Perairan Terbuka Skala Internasional

0

Terkenal dengan kekayaan alam dan budaya yang beragam, bukan hal aneh jika Indonesia menjadi salah satu ikon sport tourism dunia. Salah satu ajang sport tourism bergengsi dan berskala internasional yang akan diselenggarakan di Indonesia adalah Oceanman Bali 2022.

Bagi Sobat Parekraf yang belum tahu, Oceanman adalah kompetisi renang di perairan terbuka berskala internasional. Sebenarnya, ajang sport tourism satu ini sudah rutin diadakan sejak 2015, namun baru mulai diselenggarakan di Indonesia untuk pertama kali pada 2021 lalu di Sanur, Bali.

Artinya, tahun ini adalah kali kedua Oceanman dilaksanakan di Indonesia. Diselenggarakan di Pantai Muaya pada 1-2 Juli, Oceanman Bali 2022 memiliki empat kategori yang akan dilombakan, yaitu oceankids (500 m), sprint (2 km), half oceanman (5 km), dan oceanman (10 km). 

Karena berskala internasional, tidak heran jika peserta Oceanman Bali 2022 diikuti ratusan perenang dari berbagai negara. Selain Indonesia, beberapa negara yang ikut meramaikan kompetisi Oceanman Bali 2022 di antaranya Singapura, Thailand, Malaysia, Spanyol, Rusia dan banyak perenang dari berbagai negara lainnya.

Ilustrasi keseruan peserta Oceanman Bali 2022. (Foto: shutterstock/davidmschrader).

Keseruan Oceanman Bali 2022

Ada satu hal yang menarik dari ajang Oceanman Bali 2022, yaitu rute kompetisi yang berbentuk segitiga. Jarak sisi terpendek rute Oceanman Bali 2022 adalah 333,3 meter dan untuk sisi menengah adalah 666,6 m. Sementara sisi terluas kategori Oceanman masing-masing berjarak 1,66 km.

Pada hari pertama, Oceanman Bali 2022 diisi dengan kegiatan hiburan, seperti race pack collection, race expo opening, swim course open for training, welcome dinner, race briefing, dan berbagai acara hiburan menarik lainnya.

Sementara pada acara inti kompetisi hingga pembagian trofi dilaksanakan pada hari kedua. Perlombaan dimulai pukul 6.30 AM untuk kategori Oceanman, dilanjutkan Half Oceanman pukul 6.45 AM, kemudian Sprint pukul 7.00 AM, dan terakhir adalah kategori Oceankids pukul 7.30 AM.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, keseruan Oceanman Bali 2022 akan lebih terasa unsur lokal khas Bali. Pasalnya, kompetisi renang berskala internasional ini akan menghadirkan banyak hiburan yang menonjolkan berbagai kearifan lokal khas masyarakat Bali.

Sobat Parekraf akan disambut dengan pementasan tarian tradisional Bali, pertunjukan musik, serta berbagai pilihan permainan seru dan sangat menghibur. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Oceanman Bali 2022 akan membuka bazar produk ekonomi kreatif lokal. 

Tentu hadirnya gelaran sport tourism Oceanman Bali 2022 diharapkan dapat sekaligus memperkenalkan Pesona Indonesia ke kancah dunia. Sehingga, dapat menjadi momentum kebangkitan ekonomi kreatif di Indonesia, serta ke depan dapat menggerakan ekonomi sekaligus membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat setempat.

Foto Cover: Ilustrasi event sport tourism Oceanman Bali 2022 yang diselenggarakan di Pantai Muaya, Jimbaran, Bali. (shutterstock/kirill_makarov)

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RIJumat, 1 Juli 2022
1802
© 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif