Penasaran sejarah Kemenparekraf? YukKlik Disini
Selain Likupang, Ini 10 Destinasi Wisata di Sulawesi Utara yang Menakjubkan

Selain Likupang, Ini 10 Destinasi Wisata di Sulawesi Utara yang Menakjubkan

1

Sudah sejak lama Sulawesi Utara menjadi salah satu destinasi tujuan para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam yang tiada duanya. Baik itu menyelam, snorkeling, hingga fokus mencari ketenangan dalam wisata rohani. Terlebih kini muncul “nama baru” dari Sulawesi Utara yang digadang-gadang menarik perhatian wisatawan nusantara dan mancanegara, yakni Likupang.

Likupang merupakan satu dari lima Destinasi Super Prioritas (DSP) yang sedang fokus dikembangkan. Terletak di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Likupang menyimpan banyak keindahan alam dan budaya yang menarik untuk dijelajahi. 

Ditetapkannya Likupang sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas membuat destinasi wisata lain di Sulawesi Utara kembali naik pamornya. Bagi Sobat Parekraf yang ingin mengunjungi Likupang, tidak ada salahnya untuk singgah sejenak ke beberapa destinasi wisata unggulan di Sulawesi Utara lainnya. 

Di antara banyaknya destinasi wisata di Sulawesi Utara, berikut 10 destinasi yang bisa Sobat Parekraf kunjungi sebelum ke Likupang.

Danau Linow

Danau Linow memiliki keunikan berupa warna air danau yang bisa berubah-ubah. Biasanya ada 3 warna air danau yang muncul, yakni hijau, biru, dan kuning kecokelatan. Ketika pertama kali datang ke Danau Linow, bau belerang yang pekat akan langsung tercium. Konon bau ini muncul karena sisa letusan Gunung Mahawu ratusan tahun silam.

Taman Laut Bunaken

Merupakan destinasi wisata unggulan di Sulawesi Utara yang menjadi Segitiga Terumbu Karang Dunia. Pada 2005, Taman Laut Bunaken telah dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dan menjadi lokasi incaran penyelam dari seluruh dunia. Hingga saat ini Taman Laut Bunaken menjadi rumah lebih dari 3.000 jenis ikan, reptil, moluska, dan mamalia laut.

Pulau Manado Tua

Destinasi wisata di Sulawesi Utara satu ini memiliki beragam pantai yang menarik di antaranya Pantai Apeng Datu, Apeng Gugu, Apeng Salah, dan Batu Layar. Waktu terbaik untuk berlibur ke Pulau Manado Tua adalah saat nyare atau ketika air laut di posisi surut terendah. Pada momen ini Sobat Parekraf dapat menikmati gugusan terumbu karang di permukaan pantai tanpa perlu menyelam.

Air Terjun Kima Atas

Destinasi wisata di Sulawesi Utara satu ini bisa dibilang masih tersembunyi, karena terletak di antara hutan yang hijau nan asri sehingga masih sangat sepi pengunjung. Meski begitu, panorama air terjun setinggi 8 meter dari Air Terjun Kima Atas tetap menawan. Di lokasi ini, Sobat Parekraf dapat berenang di kolam kecil yang terbentuk dari jatuhan Air Terjun Kima Atas.

Lanskap Pesona Keindahan Pulau Siladen, Manado, Sulawesi Utara. (Foto: shutterstock/charlie dumingan).

Pulau Siladen

Pulau Siladen disebut-sebut sebagai surga para perenang, karena punya air laut yang tenang dan jernih. Destinasi wisata di Sulawesi Utara ini berlokasi di sebelah timur wisata Bunaken dan punya pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Sobat Parekraf dapat melihat biota laut dan terumbu karang di sini, bahkan tanpa harus menyelam terlalu dalam.

Pulau Mahoro

Pulau Mahoro memiliki pasir putih yang begitu bersih serta air laut sebening kaca. Pemandangan ini semakin ciamik karena berpadu dengan jajaran bukit hijau yang membentang sepanjang pulau. Berkat keindahannya tersebut, Pulau Mahoro pernah menjadi lokasi syuting reality show Korea Selatan, Law of The Jungle.

Air Terjun Tinoor

Destinasi wisata di Sulawesi Utara berikut ini sering dijuluki sebagai surga tersembunyi di Minahasa. Pasalnya, di sini ada beberapa air terjun yang saling bertemu satu sama lain, sehingga tampak membentuk untaian benang putih nan halus. Ditambah lagi, lokasi Air Terjun Tinoor berada di kaki gunung sehingga membuat suasana di sekitar makin sejuk dan asri.

Pantai Malalayang

Lokasi pantai ini tak jauh dari pusat kota Manado sehingga sangat mudah untuk dijangkau. Salah satu daya tarik Pantai Malalayang adalah panorama matahari terbenamnya yang cantik. Dari pantai ini, Sobat Parekraf juga dapat melihat Bunaken dan Manado Tua di kejauhan.

Air Terjun Tumimperas

Suara gemercik air yang merdu menjadi salah satu daya tarik Air Terjun Tumimperas. Sementara pesona utama dari destinasi wisata di Sulawesi Utara ini terletak pada airnya yang berwarna biru jernih. Air Terjun Tumimperas memiliki tinggi sekitar 52 meter dan dikelilingi oleh pepohonan hijau sehingga menambah kesejukannya.

Taman Hutan Raya Gunung Tumpa

Selain laut dan pantai, Sobat Parekraf juga bisa melihat seluruh kota di Sulawesi Utara dari ketinggian di Taman Hutan Raya Gunung Tumpa. Berada di ketinggian 600 mdpl, Sobat Parekraf dapat menikmati pemandangan Gunung Lokon, Gunung Klabat, dan Pulau Manado Tua dari lokasi wisata satu ini.

Foto Cover: Lanskap Keindahan Danau Linow yang memiliki keunikan warna air bisa berubah-ubah. (shutterstock/sony herdiana).

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RIJumat, 20 Mei 2022
2680
© 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif