Penasaran sejarah Kemenparekraf? YukKlik Disini
Wisata Keliling Jakarta Merayakan HUT Jakarta ke-495

Wisata Keliling Jakarta Merayakan HUT Jakarta ke-495

0

Di tahun 2022 ini, Jakarta akan merayakan ulang tahunnya yang ke-495. Perayaan HUT Jakarta tahun ini terbilang spesial. Sebab, hampir 2 tahun acara tahunan ini sepi perayaan, akibat adanya pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia.

Tak ayal hal ini pun disambut baik oleh warga ibu kota yang ingin merayakan ulang tahun kota tercinta ini. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menyambut HUT Jakarta ke-ke-495. Salah satu yang paling seru adalah wisata keliling Jakarta.

Yap, Jakarta punya banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Baik itu tempat wisata yang menyimpan banyak sejarah, hingga destinasi wisata kekinian yang banyak digandrungi milenial.

Bagi Sobat Parekraf yang berencana mengisi waktu luang menyambut HUT Jakarta ke-ke-495, berikut beberapa agenda wisata yang bisa direncanakan di Jakarta.

Wisata Kekinian di Jakarta

Tak perlu ke luar kota untuk menikmati suasana liburan yang seru, di Jakarta pun bisa. Banyak destinasi wisata kekinian di Jakarta yang mulai diminati warga ibu kota. Jelas, hal ini tidak bisa dilepaskan dari pengguna media sosial yang seakan mempromosikan destinasi baru di Jakarta ini ke masyarakat luas.

Salah satu destinasi wisata kekinian yang sedang hits di kalangan milenial adalah kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara. Ada banyak pilihan wisata di kawasan PIK, seperti Hutan Mangrove, Pantai Pasir Putih PIK 2, San Antonio Promenade, Urban Farm, dan Pantjoran PIK. 

Selain kawasan PIK, ada lagi wisata kekinian di jantung Kota Jakarta, yakni The New Sarinah. Pusat perbelanjaan tertua di Indonesia ini telah rampung direnovasi, dan menjadi destinasi wisata kekinian yang populer di Jakarta. Di Sarinah terdapat banyak spot foto menarik, seperti tangga amphitheater, skydeck, Museum Sarinah, dan kursi skydeck.

Lanskap MRT Jakarta, menjajal salah satu tranportasi umum di momen HUT Jakarta ke-395. (Foto: shutterstock/hapelinium).

Keliling Jakarta Naik Transportasi Umum

Jakarta berhasil meraih penghargaan Sustainable Transportasi Award (STA) 2021, atas program integrasi antarmoda transportasi publik yang terus dikembangkan. Fakta membanggakan lainnya, Jakarta jadi kota pertama di Asia Tenggara yang memenangkan penghargaan ini.

Maka dari itu, di momen HUT Jakarta ke-495, tak ada salahnya Sobat Parekraf menjajal transportasi umum yang ada di Jakarta untuk berpergian ke destinasi wisata. Misal, kita bisa menggunakan TransJakarta untuk menikmati keindahan bangunan-bangunan bersejarah ala Eropa di Museum Fatahilah atau kawasan Kota Tua.

Atau bisa juga berwisata dengan menggunakan MRT Jakarta. Beberapa destinasi wisata yang tidak jauh dari stasiun MRT Jakarta antara lain: MBloc Space, Kawasan Bundaran HI, hingga kawasan Gelora Bung Karno Senayan.

Wisata Kuliner di Jakarta

Merayakan HUT Jakarta belum lengkap tanpa menjajal makanan khas Betawi. Pertama, sajian legendaris yang jadi ikon kuliner Betawi adalah kerak telor. Kuliner ini sudah ada sejak 1970-an, terbuat dari campuran telur, beras ketan, dan ebi. Lokasi terbaik untuk berburu kerak telor adalah Setu Babakan, Lapangan Banteng, atau di area Jakarta Fair. 

Kuliner yang tak kalah nikmat untuk dicicipi berikutnya adalah Soto Betawi. Soto khas Jakarta ini berisi daging serta jeroan sapi. Sangat mudah untuk menemukan Soto Betawi di Jakarta. Namun kedai Soto Betawi legendaris di Jakarta yang sangat direkomendasikan antara lain Soto Betawi H. Ma’ruf, Soto Betawi Sambung Nikmat, dan Soto Betawi H. Husein.

Selanjutnya ada Asinan Betawi yang terdiri dari selada, tauge, kubis, dan sawi. Tempat terbaik untuk berburu Asinan Betawi enak berada di kedai Asinan Spesial Nyonya Isye Rawamangun, dan Asinan Betawi Ibu Yenni Kebayoran Baru.

Berkunjung ke Jakarta Fair

Salah satu perayaan yang paling ditunggu-tunggu warga ibu kota, Jakarta Fair. Ada banyak hal menarik di Jakarta Fair, mulai dari konser musik selama sebulan penuh, hingga wisata belanja produk-produk ekonomi kreatif lokal dengan banyak promo diskon yang menarik. Rencananya, Jakarta Fair 2022 dibuka mulai 9 Juni hingga 17 Juli 2022. Jadi, jangan lupa agendakan waktu untuk ke Jakarta Fair tahun ini, ya.

Foto Cover: Ilustrasi kemeriahan HUT Jakarta ke-495. (shutterstock/gerdiehutomo).

Kemenparekraf / Baparekraf
Kemenparekraf/Baparekraf RIRabu, 22 Juni 2022
1323
© 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif